cara membuat grafik pada autocad

Membuat grafik pada autocad merupakan kewajiban sebagai seorang mahasiswa teknik sipil. Pada kebanyakan pengguna autocad yang masih awam, terutama yang sering mendapat tugas kuliah. pada saat membuat grafik sering menggunakan command L. ya saya beranggapan kurang efektif. sebenarnya banyak cara untuk membuat grafik dengan cepat. apabila anda hanya membuat grafik dengan titik yang sedikit mending gunakan cara ini aja. biasanya yang sering menggunakan comman L adalah dengan memasukkan nilai X pada command L trus ditarik ke kanan. kemudian masukan nilai Y pada command L tarik ke atas. nah itu cara bagi user yang masih awam. kalo saya biasanya menggunakan sistem UCS. cara ini sangat simpel dan mudah tapi bayak yang belum tau. langkah- langkahnya adalah
1. seperti biasa siapkan koordinat X dan Y terlebih dahulu. kemudian OPEN program autocad.
2. karena ini menggunakan sistem UCS, maka pertama yang anda liat pada saat mmbuka autocad adalah     UCS ada pada pojok kiri baawah. UCS itu yang ada X dan Y itu.


3. membuat sumbu cartesius X dan Y seperti biasa.

4. UCS yang ada dipojok kiri bawah itu kita pindahkan di sumbu 0 cartesius yang sudah kita buat sebelumnya. dengan cara ketik UCS pada command, lalu klik pada sumbu 0 cartesius. kemudian spasi.


5. jangan lupa DYNAMIC INPUT harus ON dulu dengan cara mengeklik toolbar yang ada dibawah.



6. Mengeplotkan titik- titik koordinat yang akan kita buat grafik, dengan cara point. ketik PO spasi tulis koordinat X, kemudian Tab lalu tulis koordinat Y dan spasi. secara otomatis titik tersebut akan terplotkan.




7.  ulangi sampe semua titik terplotkan. kemudian untuk membuat garis kurvanya seperti biasa menggunakan command L atau ARC.


sebenarnya cara ini hanya memudahkan untuk mengeplotkan titik2 saja. pembuatan grafik dengan titik yang tidak banyak sangat efektif seperti ini. untuk cara lain banyak. untuk sekarang saya share yang simpel dulu. hhe. Good luck

5 Responses to "cara membuat grafik pada autocad"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel