Bagian-bagian Scaffolding Pada Proyek

Scaffolding merupakan perancah atau alat bantu yang digunakan sebagai pendukung para tukang bekerja. Alat ini biasa digunakan pada proyek gedung bertingkat. Penggunaan Scaffolding ini dilakukan untuk mempermudah tukang dalam melakukan pekerjaan yang berada pada tempat tinggi untuk berpijak para tukang. Selain itu juga digunakan sebagai stager untuk dukungan bekisting balok dan plat lantai. Ada beberapa bagian-bagian pada perancah ini sehingga jika akan menggunakannya perlu dirangkai terlebih dahulu. sebenarnya alat pendukung ini merupakan pengganti perancah dolken yang digunakan pada jaman dahulu. seiring perkembangannya waktu maka digunakan scaffolding untuk mengefisiensi waktu. Namun pada proyek-proyek kecil seperti rumah jarang menggunakannya. pada proyek rumah sering menggunakan kayu dolken maupun bambu sebagai perancah. Perhitungan biaya sewa yang mahal membuat proyek rumah jarang menggunakannya.
Apabila anda menjadi seorang engineer dilapangan maka harus mengetahui Bagian-bagian dari scaffolding itu apa saja. berikut akan dijelaskan satu per satu yang umum digunakan di proyek.
Gambar di atas merupakan yang sudah dirangkai menjadi satu kesatuan perancah. Untuk nama-nama bagiannya adalah sebagai berikut.

Main Frame
Sesuai dengan namanya. Ini merupakan rangka utama pada rangkaian. atau digunakan sebagai tubuhnya. Ada beberapa ukuran. tinggi 1,7 m dan 1,9 m sedangkan lebar 1,22 m.
bagian-bagian scaffolding
Ladder Frame
ini adalah bagian yang berada pada atas main frame. atau rangka atas dari scaffolding. Biasa digunakan untuk menyambung agar lebih tinggi dan lebih kokoh. tingginya pun ada dua pilihan yaitu 90 cm dan 120 cm
bagian-bagian scaffolding

Cross Brace
Ini merupakan bagian yang digunakan untuk menyambung antar main frame. Dengan posisi silang. Posisi silang dapat memperkokoh berdirinya rangkaian. Ada dua ukuran panjang yaitu 220 cm dan 193 cm. 

bagian-bagian scaffolding

U-Head
Ini digunakan sebagai ujung paling atas rangkaian. tepatnya di atas ladder frame. Bentuknya seperti huruf U yang berfungsi untuk menopang balok kayu. Dan bisa disetel ketinggiannya.
bagian-bagian scaffolding

Jack Bass
berfungsi sebagai tumpuan atau kaki dari rangkaian. yang terletak paling bawah. Digunakan untuk menopang beban-beban saat pelaksanaan pekerjaan.
bagian-bagian scaffolding
Pipe Support
Bagian ini memang tidak menjadi satu rangkaian scaffolding. Namun digunakan sebagai pendukung untuk pekerjaan bekisting kolom.
Perancah merupakan alat pendukung yang sangat penting dan wajib ada di proyek. Penggunaannya pun harus sesuai prosedur. Penggunaan yang tidak sesuai prosedur bisa menimbulkan kecelakaan kerja. Pada pekerjaan proyek biasanya untuk perhitungan sewa di buat per item sehingga harga sewa pun lebih fleksibel. Berikut rata-rata harga sewa scaffolding di yogyakarta. Semoga informasi di atas bisa membantu.

16 Responses to "Bagian-bagian Scaffolding Pada Proyek"

  1. masih kurang mas,itu yang tatakan atas buat berdiri tukang apa nama teknisnya hehehe

    ReplyDelete
  2. terima kasih bang atas infonya. sangat bermanfaat

    silahkan berkunjung ke blog saya ya
    http://kreasikata2.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Yg diatas buat pijakan tukang namanya catwalk. Jdi bukan model fashion aja yg bisa berjalan d catwalk, tukang juga harus berani dan mahir berjalan diatas catwalk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kucing yang jalan di atas ? bukan tukang...? tadi Catwalk..kucing bersrti

      Delete
  4. Jack bass dan pipe support sepertinya hampir sama fungsinya ya mas?

    ReplyDelete
  5. Workers erecting scaffolding should be properly trained in the correct methods of constructing the scaffolding and working with temporary structures. https://superiorscaffoldingauckland.co.nz/

    ReplyDelete
  6. Though a lot of packaging companies are building high quality of Candle Packaging Boxes but the remarkable features and outstanding maAfter study a handful of the blog posts with your internet site now, we truly like your technique for blogging. I bookmarked it to my bookmark internet site list and are checking back soon.
    보령출장샵
    서산출장샵
    아산출장샵
    천안출장샵
    예산출장샵

    ReplyDelete
  7. An International SIM Card is a SIM card that can be used when traveling internationally. This type of SIM card allows you to use your phone in multiple countries without having to worry about roaming charges.

    ReplyDelete
  8. Please think about allowing the SIM and its service provider to get your phone operating since Amex has been known to deny chargebacks when this clause is included in the contract. SIM Card for IoT

    ReplyDelete
  9. Identifying the issues that are currently plaguing the marriage is the first step in marital therapy. By resolving the disagreements and treating the wounds, the counselor then determines how to mend the damaged connection. Therapist Cincinnati

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel