Tips memilih genteng rumah yang bagus

Tips memilih genteng rumah yang bagus- Pada kesempatan ini www.ilmuproyek.com akan memberikan beberapa tips dalam memilih genteng rumah yang bagus dan berkualitas. Genteng merupakan finishing penutup atap yang mempunyai manfaat yang besar baik dari segi fungsi maupun estetika. Dari segi fungsi, genteng berguna untuk melindungi ruangan dalam rumah dari panas, hujan, dan sebagainya. Sedangkan dari segi estetika, genteng mampu memberikan kesan tertentu tergantung dari konsep rumah anda. 

Memilih genteng rumah memiliki beberapa pertimbangan sebelumnya. Tidak hanya dari segi estetika melainkan dari segi kualitas material pun harus diperhitungkan. Sekarang ini banyak sekali model dan jenis genteng di pasaran sehingga anda pun bisa memilih genteng yang sesuai dengan konsep rumah anda. 

Pada artikel ini akan diberikan tips secara umum, apa saja yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli genteng. Jika anda menginginkan desain atau model genteng sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan arsitek karena genteng yang bagus belum tentu cocok pada rumah tertentu. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa genteng yang bagus tergantung dari cocok tidaknya dengan konsep rumah anda. 

Langsung saja, berikut ini tips memilih genteng rumah yang berkualitas.

1. Anggaran Biaya
Tips yang paling penting sebelum memilih genteng adalah biaya yang sesuai dengan budget anda. Karena saat ini sudah tersedia berbagai jenis atau model genteng terbaru yang mempunyai harga yang berbeda-beda. Buatlah Rencana Anggaran Biaya (RAB) Rumah sehingga semua pekerjaan dapat teralokasikan dengan dana yang cukup. Baca Cara membuat RAB untuk mengetahui langkah-langkah dalam membuat RAB rumah tinggal. Usahakan memilih tipe genteng yang tidak melebihi anggaran biaya anda sehingga ada dana safety atau cadangan. 

2.  Kualitas Genteng
Tips selanjutnya dalam memilih genteng yang bagus adalah pertimbangan dari segi kualitas bahan. Tentu kita semua mengharapkan bahwa genteng yang terpasang di rumah kita mempunyai kualitas yang baik sehingga awet. Selain itu dari segi pemasangan dan perawatan harus lebih mudah. Tiap jenis genteng memiliki parameter yang berbeda dalam menentukan kualitas bahan. Contohnya untuk genteng dari tanah liat mempunyai ciri-ciri tidak ada retakan, suara nyaring dan sebagainya. 

3.  Estetika Genteng
Tips memilih genteng selanjutnya adalah keindahan. Nilai estetika atau keindahan lebih banyak ditonjolkan dalam bentuk genteng dan warna genteng. Di sini ada beberapa yang salah kaprah mengartikan estetika genteng. Kebanyakan orang mengartikan genteng yang indah itu adalah genteng yang mengikuti tren saat ini. Padahal nilai estetika yang benar adalah sinkronisasi antara desain genteng dengan konsep rumah anda. Tidak semua genteng yang sedang ngetren saat ini cocok untuk rumah anda. Sebaiknya dalam memilih desain genteng, konsultasikan terlebih dahulu dengan asitek agar keindahannya akan muncul ketika digabungkan dengan konsep rumah anda.

(Baca juga : Jenis genteng untuk rumah minimalis)

4.  Berat Genteng
Tips ini adalah opsional. Usahakan dalam memilih jenis genteng yang tidak terlalu berat karena akan berpengaruh terhadap profil rangka atap baja ringan. Semakin berat, rangkanya pun semakin besar dan semakin tinggi biayanya. 

5.  Cek Barang Tiba
Jika saat anda memilih genteng hanya berdasarkan sampel di toko bangunan maka saat pengiriman dalam jumlah besar ke rumah anda sebaiknya dicek terlebih dahulu untuk memastikan bahwa tidak genteng yang cacat. 

Penutup atap memang sangat terlihat oleh semua orang karena berada di atas rumah dan nampak luar. Sehingga ada baiknya anda mengikuti tips-tips di atas agar dalam memilih genteng dapat maksimal. Kenyamanan juga salah satu faktor terbesar dalam memilih jenis genteng. Jangan sampai anda memilih genteng yang mempunyai nilai estetika bagus tapi ternyata hawanya panas di dalam rumah. demikian Tips memilih genteng rumah yang bagus. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Tips memilih genteng rumah yang bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel