Fungsi tali air pada dinding

Fungsi tali air- Di dunia proyek sering kali banyak pekerjaan-pekerjaan kecil namun memiliki peranan penting dan fungsi yang besar salah satunya adalah tali air. Oleh karena itu pada artikel ini akan membahas seputar fungsi tali air dan penjelasannya. Tali air merupakan kanal kecil berukuran sekitar 2x1 cm yang berada pada dinding. Ada dua letak tali air yang umum pada dinding antara lain di atas plint keramik dan openingan pintu. 

Tali air terletak diantara dinding dengan kusen pintu mengelilingi kusen pintu. Pembuatannya bisa setelah atau sebelum kusen dipasang pada openingan saat pekerjaan plesteran dan acian. Pekerjaan tali air tidak boleh dilakukan oleh tukang sembarangan karena akan mengurangi estetika. Fungsi tali air pada kusen pintu adalah mengalirkan air rembesan atau air tetesan melalui tali air sehingga air tidak masuk ke dalam kusen yang mengakibatkan kerusakan kusen kayu. Selain itu, fungsi tali air juga untuk menampilkan estetika tersendiri pada pintu rumah. 

Tidak semua pintu menggunakan tali air seperti pada pintu engineering wood yang sering digunakan di hotel-hotel. Kebanyakan dari pintu engineering wood posisi kusen dengan openingan pintu datar. Karena pemasangan pintu setelah openingan benar-benar jadi. 

Seperti pada penjelasan sebelumnya, tali air juga dibuat di atas plint keramik sepanjang plint. Pembuatan tali air setelah plint keramik dipasang bersamaan dengan plesteran dan acian dinding namun dibuat cekungan di atas plint. Cekungan ini lah yang dinamakan tali air. Metode pembuatan tali air bisa menggunakan murni plesteran dan acian atau dengan profil U berukuran 1x2 cm atau 1x1 cm yang ditanam diatas plint. Fungsi tali air di atas plint adalah mengalirkan tetesan atau rembesan air dari dinding agar tidak menuju lantai. 

Pekerjaan tali air biasa dikerjakan oleh mandor finishing secara borongan. Harga borongan tali air per meter lari. Apabila suatu kamar hotel mempunyai keliling dalam 20 m' maka yang dipasang plint keramik dan tali air juga sepanjang 20 m'. Jika harga borongannya adalah Rp 10.000,-/m' maka harga total borongan sekitar Rp 200.000,-. 

Demikian ulasan singkat mengenai fungsi tali air pada dinding semoga bermanfaat. 

6 Responses to "Fungsi tali air pada dinding"

  1. mau nambahi pak ,,,
    sama dari segi estetika juga , kalo seumpama pertemuan dinding pelster aci dengan plint nya tidak dibuat tali air, maka akan terlihat seakan akan lama kelamaan terjadi keretakan(pisah antara plint dengan dindingnya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak biasanya akan terlihat retak. Terimakasih tambahannya

      Delete
  2. Maaf pak, boleh tanya istilah bahasa inggris untuk Tali Air apa ya?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Singkatnya, pertemuan 2 item harus ada tali airnya agar terhindar dri keretakan.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel