Tindakan yang harus dilakukan apabila terjadi gempa bumi

Tindakan yang harus dilakukan apabila terjadi gempa bumi - pada saat ini saya tergerak untuk menulis sebuah artikel tentang apa saja yang perlu dilakukan apabila terjadi gempabumi  khususnya saat berada dalam  ruangan.  Banyak sekali  akhir-akhir ini kejadian  gempa bumi  yang menyebabkan  banyak korban  jiwa terutama di lingkungan sekolah  dan pemukiman padat penduduk. kita  tahu bahwa  korban terbanyak  adalah anak- anak dan perempuan. Sebagai contoh di dalam lingkungan sekolah terdapat banyak siswa  yang sedang  mengikuti kegiatan belajar. 0leh Karena itu perlu diadakan kegiatan  sosialisasi terhadap siswa dan guru tentang  tindakan-tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri dari runtuhan bangunan.  

Pada prinsipnya semua tindakan yang harus dilakukan adalah sama antara di lingkungan sekolah maupun di rumah namun karena  rentan paling tinggi ada pada anak- anak maka Saya ambil Contoh di lingkungan sekolah. Ada 3 kelompok yang rentan di sekolah antara lain murid/siswa, guru, dan karyawan.

Adapun tindakan yang  harus dilakukan saat terjadi gempa antara lain.
Apabila Di dalam ruangan.

  1. Bila berada didalam bangunan, segera berlindung dibawah rangka bangunan atau dikolong benda yang kuat (Meja, Kursi dll), 
     Berlindung di bawah meja
  2. Jika  dirasa sudah berhenti, keluarlah menuju tempat terbuka menggunakan tangga darurat. 
  3. Menjauhlah dari jendela kaca dan benda-benda yang berpotensi akan jatuh (Lampu, Lemari, Vas Bunga dll), 
     Dilarang di bawah jendela Kaca
  4.  Pada saat keluar ruangan,  Ikuti petunjuk jalan yang Sudah tertempel pada dinding.  Petunjuk arah di dinding  akan mengarahkan anda ke  titik kumpul. 

Apabila  Di luar Ruangan

  1. Cari tempat terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik, baliho, pohon  dan bangunan berpotensi roboh. 
  2. Bila sedang mengemudi, berhentilah dan menjauh dari jembatan atau terowongan. 
  3. Bila berada di pegunungan, hindari lereng dan jurang dan waspadalah dengan reruntuhan batu atau tanah longsor akibat gempa. 
  4. Bila berada di pantai, segeralah berpindah kedaerah yang lebih tinggi untuk menghindari apabila gempa berpotensi menyebabkan gelombang tsunami. 
Dalam  mengambil tindakan saat terjadi gempa bumi harus dlakukan dengan tenang  dan tidak panik.  Pentingnya  peran guru dalam memberikan informasi- Informasi  tentang mitigasi bencana terutama pada saat tanggap darurat bencana, dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menghadapi keadaan darurat gempa bumi. Biasanya anak- anak yang sudah terbiasa mendapatkan penyuluhan tentang mitigasi bencana  akan lebih siap daripada anak yang tidak sama.

Selain dari kemampuan individu dalam menyelamatkan diri dari gempa bumi, pihak instansi sekolah juga harus mendukung penuh semua program berkaitan dengan tanggap darurat gempa bumi dan menyediakan fasilitas- fasilitas penunjang seperti petunjuk jalur evakuasi, titik kumpul/muster point, papan informasi berkaitan tanggap darurat, dan sebagainya. Sehingga semua siswa mengetahui dengan jelas tindakan- tindakan apa yang harus dilakukan saat terjadi gemla bumi.

0 Response to " Tindakan yang harus dilakukan apabila terjadi gempa bumi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel