Metode Pelaksanaan Pekerjaan Box Culvert

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Box Culvert- Box culvert merupakan struktur beton bertulang yang sering digunakan sebagai gorong-gorong dan jalan underpass di beberapa wilayah Indonesia. Kebanyakan fungsi dari box culvert ini memang untuk saluran drainase dalam ukuran yang besar, namun saat ini box culvert juga sering digunakan sebagai jalan underpass pada jalan tol dengan ukuran yang sangat besar. Hampir semua bentuk struktur box culvert mempunyai penampang segi empat dengan lubang ditengahnya. Terdapat dua tipe box culvert yang sering digunakan yaitu Precast dan cast in situ. Sehingga diantara dua tipe tersebut mempunyai metode pelaksanaan pekerjaan yang berbeda. 

Pada artikel ini akan dibahas dua tipe metode pelaksanaan pekerjaan box culvert yaitu metode precast dan metode cast in situ (cor di tempat). Precast box culvert biasanya berukuran kecil dan digunakan untuk gorong- gorong atau saluran drainase. Sedangkan struktur box culvert cast in situ biasanya berukuran besar untuk jalur lintas bawah (undepass) kendaraan. 

Metode pelaksanaan sangat membantu proses pelaksanaan pekerjaan karena semua urutan pekerjaan dan langkah- langkah yang akan diambil semua tertata dengan baik sehingga mengurangi kemungkinan kegagalan pada suatu proyek. Metode yang baik akan menghasilkan pekerjaan yang baik apabila metode tersebut tidak hanya di atas kertas saja melainkan benar- benar diterapkan di lapangan. Berikut pembahasan metode pelaksanaan pekerjaan box culvert:

Metode Pelaksanaan Box Culvert Cast In situ
  1. Persiapan pekerjaan seperti pembersihan lokasi, Perataan tanah,  menyiapkan kebutuhan material yang akan digunakan (Fabrikasi besi)
  2. Membuat lean concrete atau Lantai kerja dengan beton K-125. LC merupakan beton tanpa tulangan yang digunakan sebagai lantai kerja struktur box culvert.
  3. Pembesian atau pemasangan besi tulangan yang telah difabrikasi untuk struktur pelat bawah box culvert. Pada proses pembesian ini harus dilakukan dengan pengawasan agar jarak dan ukuran besi yang digunakan sesuai dengan spesifikasi. Metode pembesian pelat bawah dimulai dengan memasang beton decking minimal tebal 7 cm. Kemudian pembesian lapis bawah dan dilanjutkan pemasangan besi lapis atas. 
  4. Sebelum dilakukan pengecoran pelat bawah, dipasang besi tulangan dinding yang arah vertikal terlebih dahulu atau alternatif lain dipasang stek stek besi dinding agar tulangan dinding box culvert mempunyai panjang penyaluran dengan tulangan pelat bawah. 
  5. Pengecoran pelat bawah dengan menggunakan beton ready mix, dilontarkan dengan concrete pump dan didistribusikan dengan truck mixer. Diusahakan untuk mengambil  beton di batching plant terdekat agar kualitas tidak berkurang. 
  6. Saat proses pengecoran pelat bawah box culvert, harus ada pekerja yang mengoperasikan mesin vibrator agar tidak terjadi rongga dalam beton. Antisipasi kendala- kendala pengecoran yang mungkin terjadi. 
  7. Pemasangan tulangan horizontal dinding box culvert
  8. Pemasangan bekisting dinding box culvert yang telah difabrikasi. Bahan yang digunakan untuk bekisting adalah multiplek tego film atau jenis sesuai kebutuhan. 
  9. Dilakukan pengecoran dinding menggunakan concrete pump dan truck mixer. Pengecoran dinding biasanya tidak bisa dilakukan langsung sampai atas melainkan dibagi menjadi beberapa tahap pengecoran untuk menghindari ketidakmampuan bekisting dalam menahan beban. 
  10. Setelah 24 jam, bekisting bisa dibuka kembali. 
  11. Persiapan perancah dan bekisting pelat atas. Perancah yang digunakan bisa menggunakan scaffolding atau kayu jika ukuran box tidak terlalu besar. 
  12. Setelah bekisting sudah jadi, Pembesian mulai dipasang di atas bekisting dan jangan lupa beton decking juga diletakkan dibawah tulangan besi. 
  13. Metode atau langkah berikutnya adalah pengecoran beton dengan ready mix. 
Metode Pelaksanaan Box Culvert Precast
Metode pelaksanaan untuk struktur precast memang berbeda dengan cor di tempat. Biasanya yang menggunakan box culvert precast adalah saluran- saluran drainase yang ukurannya kecil.
Box culvert precast

Box culvert precast dibagi menjadi 2 panel atas dan bawah untuk memudahkan metode pelaksanaan di lapangan. Berikut metode pelaksanaan pekerjaan box culvert precast:
  1. Material datang dari batching plant ke lokasi proyek di letakkan di tempat penyimpanan yang sudah disediakan (stock pile)
  2. Penyimpanan harus diatur dengan baik agar saat pengambilan precast tidak sulit
  3. Pengangkutan dari stock pile menuju lokasi proyek menggunakan flat bed truck atau trailer. Sedangkan untuk pangangkatan precast ke atas truck menggunakan alat berat Mobile crane. 
  4. Di lokasi proyek sudah terdapat mobile crane yang siap mengangkat precast diletakkan ke galian saluran. Alternatif lain jika box culvert precast tidak terlalu berat bisa menggunakan excavator yang diberi tali seling. 
Itulah beberapa contoh metode pelaksanaan pekerjaan box culvert. Biasanya dalam pelaksanaan pekerjaan, beton akan diambil sampel silinder atau kubus untuk dilakukan uji mutu. Uji mutu ini sangat penting dilakukan terutama untuk metode box culvert cor di tempat. Sedangkan untuk box culvert precast sudah terdapat hasil lab dari batching plant. 

0 Response to "Metode Pelaksanaan Pekerjaan Box Culvert"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel