Cara Menghitung Volume Plafon Rumah

Cara Menghitung Volume Plafon Rumah- Pada kesempatan ini ilmuproyek.com akan berbagi pengetahuan tentang Plafon rumah khususnya dalam menghitung kebutuhan material. Material plafon yang sering digunakan antara lain gypsum, kalsiboard, triplek, PVC, dan sebagainya. 

Pada artikel sebelumnya telah dibahas kelebihan dan kekurangan penggunaan material gypsum dan kalsiboard "Perbedaan gypsum dan Kalsiboard". Sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan ketika akan memasang plafon di rumah. 
Plafon, rangka, rumah, volume

Cara menghitung volume material plafon sangat sederhana karena hanya menggunakan perhitungan luas ruangan. 

Sebelum memulai perhitungan volume, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis material terlebih dulu seperti rangka plafon dan papan plafon. Rangka plafon yang paling umum digunakan adalah hollow galvalum. Sedangkan papan palfon yang biasa digunakan adalah gypsum.

Berikut contoh perhitungan volume plafon
Ruangan dengan ukuran 4x5 m. Berapa kebutuhan volume papan gypsum, rangka hollow dan list gypsum?

Menghitung papan gypsum
Untuk menghitung volume papan gypsum cukup mudah karena ukuran standar gypsum adalah 1,2 m x 1,4 m. Sehingga luas 1 papan adalah 1,2 x 2,4 = 2,88 m2.

Luas ruangan adalah 4 x 5 = 20 m2. Maka kebutuhan papan gypsum antara lain 20 / 2,88 = 6,94 lembar = 7 lembar.

Menghitung rangka hollow
Pemasangan rangka hollow biasa dilakukan per 60 cm untuk ukuran memanjang. Sedangkan untuk cross dipasang 3 baris ditengah. Pada dinding terlebih dahulu dipasang rangka mengelilingi ruangan.
Plafon, rangka, rumah, volume

Rangka di dinding = ( 4 + 5 ) x 2 = 18 m'
Jumlah Rangka per 60 cm = (5 / 0,6  ) = 8 baris, panjang = 8 x 4 m = 32 m'
Jumlah cross rangka hollow 4 x 4 cm = 3 x 5 m = 15 m'

Total kebutuhan rangka hollow = 18 + 32 + 15 = 65 m, Panjang per batang hollow = 4 m. Maka diperlukan rangka hollow sebanyak = 65 / 4 = 16,25 = 17 batang hollow. 


Menghitung list gypsum
Perhitungan list gypsum sesuai dengan ukuran ruangan panjang 4 x 5 m sehingga panjang total adalah (4+5) x 2 = 18 m'.

Itulah contoh perhitungan volume plafon dengan model standar. Selain material di atas masih dibutuhkan tambahan material yaitu kawat putih untuk menggantung rangka plafon.

Pemasangan plafon rumah sebaiknya dilakukan oleh tukang khusus plafon agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jasa borongan plafon dihitung harga per m2 termasuk material dan pemasangan. Khusus untuk pemasangan lampu downlight harga dihitung per unit. Sedangkan harga pemasangan list gypsum dihitung per m'. 

0 Response to "Cara Menghitung Volume Plafon Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel