Cara mendapatkan Kontur di berbagai wilayah Indonesia secara gratis

Cara mendapatkan Kontur di berbagai wilayah Indonesia secara gratis - Kontur merupakan kondisi permukaan bumi yang digambarkan dalam bentuk garis- garis elevasi. Garis- garis tersebut menghubungkan antar titik yang mempunyai elevasi sama. Sehingga ketika ketinggian tanah turun maka nilai garis elevasi akan semakin turun. Dengan kata lain fungsi dari kontur adalah untuk memperlihatkan naik atau turunnya keadaan permukaan tanah. 

Data kontur sangat penting untuk dijadikan sebuah dasar perencanaan suatu proyek. Terutama untuk pekerjaan- pekerjaan tanah seperti galian timbunan, jalan, bendungan, irigasi, dan sebagainya. Kendala yang sering dihadapi adalah ketika akan melakukan sebuah konsep desain terhalang oleh jarak, dan waktu yang dibutuhkan, Oleh karena itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kontur antara lain beli citra satelit dan menggunakan data Demnas. 

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman mengenai bagaimana cara mendapatkan data kontur di suatu wilayah di Indonesia tanpa harus mengukur ke lokasi secara gratis yaitu dengan memanfaat data Demnas.  Apa itu Demnas?

Demnas merupakan singkatan dari Data Elevation Model (DEM) Nasional. Data ini sudah disediakan oleh BIG (Badan Informasi Geospasial) di dalam Web http://tides.big.go.id/DEMNAS/ . Semua orang bisa mengakses di web tersebut dan mendapatkan DEM berupa gambar tif. Tingkat keakuratan dari DEM ini memang tidak sebagus dengan hasil ukur sendiri maupun beli citra satelit. Disarankan penggunaan data kontur dari Demnas ini hanya untuk prelimenary design. 

Berikut langkah- langkah utama dalam mendapatkan kontur
  1. Install software- software pendukung yaitu Global Mapper dan Civil 3D
  2. Masuk ke web Demnas
  3. Buat Akun baru untuk mendaftarkan ke Demnas
  4. Masuk di menu download dan pilih DEMNAS
  5. Akan muncul peta Indonesia yang terdiri dari raster- raster. Pilih lokasi yang akan didownload. 
  6. Setelah mendapatkan file Tif maka mulai diolah dengan menggunakan Global Mapper untuk mengexport ke file DWG. Untuk langkah detail penggunaan Global Mapper bisa lihat video tutorial di bawah ini.  
Pada video tutorial tersebut sudah dijelaskan step by step penggunaan mulai dari buka web demnas sampai dengan export ke DWG. 

Demikian pembahasan mengenai cara mendapatkan kontur di berbagai wilayah Indonesia secara gratis. 

0 Response to "Cara mendapatkan Kontur di berbagai wilayah Indonesia secara gratis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel