Cara setting alat theodolit di lapangan dengan cepat



Pada artikel ini saya akan membahas cara setting dengan cepat di lapangan. saya anggap anda sudah membaca fungsi dari theodolite pada proyek. berbicara masalah cara menyetting alat theodolit tentu yang paling urgent dan penting adalah centering nivo kotak dan nivo tabung. berdasarkan pengalaman saya memang ada banyak hal cara centering nivo. cara pertama adalah menggunakan 3 sekrup yang ada di theodolit (cara teori). cara kedua adalah menggunakan statif/tripod. yang biasa diajarkan di kampus adalah cara pertama. makanya saya pas pertama kali terjun ke lapangan dengan menggunakan cara pertama menjadi sangat tidak efisien. oleh karena itu saya bertemu dengan seorang lapangan dia mengajarkan hal sepele yang dapat mempercepat cara centering nivo dengan menggunakan cara yang kedua. sampai detail posisi tangan dan posisi jari. oke disini saya hanya akan fokus terhadap hal sederhana tapi sangat membantu anda dalam centering nivo karena mungkin sudah banyak blog lain yang membahas cara setting alat ini. 
  1. siapkan titik patok untuk tempat theodolit.
  2. dirikan terlebih dahulu statifnya. gunakan feeling anda lihat dengan mata anda kira-kira permukaan statif apakah sudah benar-benar datar. hal ini jangan dianggap remeh karena ini menentukan langkah berikutnya.
  3. lihat dari atas statif apakah statif sudah tepat di atas patok. cara melihatnya dengan mengintip pada lubang untuk kunci statif ke theodolit. jika patok sudah terlihat dari lubang kunci maka step selanjutnya.
  4. baru pasang theodolit dan kunci .
  5. Posisi anda harus berada di antara dua kaki statif. dan depan anda ada satu kaki statif. jadi kaki statif yang satu di depan anda itu anda anggap kaki mati. artinya kaki tersebut tidak boleh bergerak geser ke samping sedikitpun. oleh karena itu kaki tersebut harus ditancapkan kedalam tanah dan tidak boleh naik atau turun.
  6. tetap pada posisi anda yaitu berada di antara dua kaki. sekarang posisi tangan anda memegang kaki statif di kanan dan kiri anda. masukkan jempol anda kedalam sela kaki statif. dan posisi jari yang lain menempel di pinggir kaki statif. jadi fungsinya untuk menaik turunkan kaki statif dengan menggunakan jempol tangan.
  7.  Letakkan kaki kanan anda di samping patok (biar apa???)
  8. cek kedudukan alat apakah benar di atas patok dengan melihat teropong pada theodolit yang mengarah ke bawah atau ke tanah. jika ternyata tidak ada titik patok maka anda harus membuat gimana caranya harus kelihatan. caranya adalah angkat dua kaki statif yang disamping kanan kiri anda. angkat sedikit aja yang penting jangan menyenth tanah. tapi inget didepan anda  ada satu kaki mati. kaki mati harus tetap pada posisinya tidak boleh menggeser. 
  9. setelah dua kaki statif kanan kiri diangkat kemudian geser ke kanan dan ke kiri sambil anda melihat lewat teropong ke bawah. nah untuk memudahkan maka cari kaki kanan anda tadi yang sudah didekat titik (fungsi point 7). setelah patok kelihatan baru kedua kaki statif diturunkan dan ditancapkan ke dalam tanah.
  10. saatnya centering nivo kotak. centering nivo kotak dengan menggunakan dua statif lagi yang berada di kanan dan kiri. namun caranya bukan dipindahkan posisinya atau digeser. tapi dinaik turunkan dengan menggunakan jempol tangan anda tadi. mulailah dengan kaki statif yang kanan naik turunkan kaki tersebut dan lihat perubahan posisi gelembung udara dalam nivo kotak. apabila ternyata tidak langsung masuk kedalam lingkaran nivo kotak. maka posisikan gelembung tersebut satu sumbu dengan kaki statif yang kiri. 
  11. giliran kaki kiri dinaik turunkan dan apabila tadi sudah satu sumbu maka gelembung langsung masuk ke tengah.

 gambar untuk point 6.

 untuk centering nivo tabung caranya dengan menggunakan 3 sekrup di theodolit. demikian semoga bermanfaat.

3 Responses to "Cara setting alat theodolit di lapangan dengan cepat"

  1. mungkin bisa dibuat ilustrasinya untuk mempermudah pemahaman.. ribet sekali mas penjelasannya

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat pak,,trimakasih

    ReplyDelete
  3. kalo pake 3 sekrup lama banget emang mending main dua kaki statif😂

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel