Istilah-istilah di proyek yang tidak kamu temukan di kuliah

Pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi pengalaman tentang dunia proyek yang mungkin tidak pernah anda temukan saat kuliah teknik sipil. Yah artikel ini mungkin sedikit santai karena tidak terlalu fokus membahas tentang teori kuliah. Cerita ini mengulang masa-masa pertama kali masuk dunia proyek. Nah disitu kadang saya merasa sedih banyak hal yang tidak saya temukan saat kuliah. Yah walaupun istilah-istilah yang dianggap sepele namun malu juga kalau tidak tahu. Hhe. Tapi memang ada benarnya juga di tempat kuliah sangat berbeda dengan kondisi lapangan. Bayangkan saja kalau semua problem di lapangan dipelajari di tempat kuliah. Akan berapa lama kita kuliah?  kurikulum yang sekarang saja sudah dipersingkat masih aja ada banyak yang kuliahnya lama sampai lebih dari 4 tahun apalagi semua problem dilapangan dimasukkan di kurikulum kuliah.

Akhirnya saya berpikir bahwa kuliah itu bukan tentang menguasai materi ilmu teknik sipil secara luas dan detail. Memang rasanya tidak mungkin jika hanya dengan kuliah 4 tahun bisa menguasai semua ilmu teknik sipil. Tujuan kuliah adalah membangun pola pikir kita atau cara memandang suatu hal secara teknis. Sehingga dasar-dasar teori ilmu itulah yang menjadi pegangan kita saat terjun di dunia proyek.

Oke kita kembali ke masa lalu sebentar. Waktu itu saya baru saja lulus kuliah. Saat pertama kali kerja diproyek banyak sekali istilah-istilah di proyek yang tidak pernah saya dengar waktu kuliah diantaranya adalah tembereng, bodeman, suri-suri, gelagar, jetster, sekor, tierot, sponengan, openingan, klabangan/kepalaan, kamprot, jidar, sparing, relat, dan sipatan. Itulah beberapa istilah yang jarang saya dengar saat kuliah. Berikut penjelasannya setelah saya terjun di dunia proyek.

Tembereng
Tembereng adalah bagian dari bekisting balok yang berada di sisi samping kanan dan kiri. Biasanya para tukang di wilayah jawa tengah dan yogyakarta mengerti dengan istilah tersebut. Mungkin lain daerah beda lagi istilahnya. Bekisting balok biasanya menggunakan multiplek 9 mm atau 12 mm tergantung dari ukuran balok. 
Tembereng
Bodeman
Bodeman adalah salah satu sisi pada bagian bawah bekisting balok. Bodeman ini biasanya dipasang sebelum tembereng. Pemasangan bodeman biasa dilakukan sekaligus menyetting elevasi balok. 
Bodeman
Suri-suri
Suri-suri adalah  kayu balok yang digunakan untuk menumpu bodeman pada bekisting balok. biasanya menggunakan kayu kruing, glugu, atau kayu jawa berukuran 6/12 cm. Jarak antar suri-suri rata-rata 40-50 cm. Panjang suri-suri antara 1.5 m s/d 2 m. 
Suri-suri
Gelagar
Gelagar adalah kayu balok berukuran 8/12 cm yang digunakan untuk menumpu suri-suri. Gelagar ini biasa menggunakan kayu glugu, kruing, kalimantan atau kayu jawa. Sistim pemasangan gelagar menumpu pada scaffolding yang dipasang memanjang searah balok beton. 
Gelagar
 
Pemasangan Gelagar


Jetster
Jetster adalah metode pelaksanaan pekerjaan bekisting balok dan pelat yang merupakan bagian dari bodeman. Fungsi jetster dalam bodeman adalah sebagai pengunci dan pembuka bekisting balok dan pelat ketika selesai dicor. Letak jetster pada balok terletak ditepi yang berhubungan langsung dengan kolom. Jetster akan rusak ketika membongkar bekisting namun memang tujuannya adalah dirusak agar bekisting yang lain tidak ikut rusak.
jetster
Sekor/Support
Sekor/support merupakan bagian dari pendukung bekisting baik balok maupun kolom. Pada balok biasa menggunakan kayu usuk berukuran 5/7 cm sedangkan pada kolom menggunakan pipa support ( lihat di artikel bagian-bagian scaffolding).
sekor
Tierod
Tierod adalah alat bantu berupa besi yang berfungsi untuk mengunci bekisting pada kolom. Tierod ini biasanya menggunakan besi beton berdiameter 10 mm kemudian disambung dengan as drat dan plat besi. Panjang tierod tergantung dari ukuran kolom struktur.


tierod

Tierod merupakan bagian terpenting apabila menggunakan bekisting kayu. Fungsi dari tierod ini agar saat pengecoran kolom tidak terjadi perubahan bentuk beton atau istilah lapangannya bunting. Banyak faktor yang membuat beton jadi tidak sempurna diantaranya adalah kayu yang digunakan untuk bekisting, tierod yang terlalu kecil, atau bahkan pemasangan sabuk (kayu) pada kolom yang kurang strategis. Sebenarnya untuk jarak pemasangan sabuk pada kolom tergantung dari tinggi kolom. Semakin tinggi kolom maka jarak antar sabuk di kolom bagian bawah semakin rapat karena tekanan terbesar saat pengecoran adalah kolom bagian bawah.


tierod



Sponengan
Sponengan adalah Pekerjaan plesteran dan acian yang membentuk sudut-sudut 90 derajat pada dinding, kolom beton, dan balok beton. Sponengan merupakan pekerjaan plesteran yang memiliki tingkat kesulitan sendiri dibanding dengan plesteran pada bidang datar sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat sponengan yang lurus dan rapi. Biasanya pada pekerjaan borongan sponengan dihitung harga per meter lari. 
sponengan
Openingan
Openingan adalah bukaan pada dinding yang akan dipasang pintu maupun jendela. Tingkat kesulitan pekerjaan openingan terletak pada plesteran dan acian sudut-sudutnya. Pada prinsipnya openingan sama dengan sponengan. Perbedaannya hanya pada jumlah sudutnya. Openingan sama dengan 2 x sponengan.
Openingan
klabangan/kepalaan
Klabangan mungkin bahasa daerah di Jawa. Ya pada intinya klabangan/kepala plester adalah plesteran yang berbentuk memanjang vertikal dengan ukuran lebar 5 cm tebal sesuai dengan tebal plesteran 1,5-2 cm. Tinggi kepala sesuai dengan dinding. Fungsi dari kepala kolom adalah untuk mempermudah penjidaran plester dinding. Untuk lengkapnya bisa baca artikel teknis plesteran yang baik.
kepala plester

kamprot
Kamprot salah satu bahasa lapangan untuk pekerjaan plesteran yang masih kasar. Pekerjaan ini biasanya dilakukan pada plesteran yang memiliki ketebalan lebih dari 2 cm. Sebelum diplester baiknya dikamprot terlebih dahulu sampai 1 cm dengan cara adukan semen pasir dilemparkan ke arah dinding. Setelah kering, kemudian baru diplester halus.
kamprotan
Jidar
Jidar adalah alat bantu untuk pekerjaan plesteran dan acian pada dinding. Jidar sendiri biasa menggunakan bahan aluminium hollow. Ukuran hollow disesuaikan dengan kondisi pengerjaan. Penjidaran biasa dilakukan untuk meratakan plesteran agar ketebalan sesuai dengan kepala plester.
jidar
Sparing
Sparing adalah sistem pemipaan baik pemipaan listrik maupun air yang dipasang didalam beton. Pipa tersebut digunakan sebagai cover kabel listrik. Sistem pemasangan sparing listrik biasanya sebelum pengecoran.
Sparing listrik

sparing setelah dicor
Relat
Relat adalah tumpuan yang digunakan untuk proses perataan pengecoran plat basemen. Fungsi relat ini sama dengan kepala plesteran. Tujuannya adalah agar hasil dari pengecoran benar-benar datar karena finishing terakhir adalah floorhardener. Relat biasa menggunakan pipa-pipa besi yang dipasang sesuai dengan tinggi rencana cor pelat.

Sipatan
Sipatan merupakan bahasa pengukuran yang digunakan untuk memberi tanda pada bangunan dengan level tertentu. Biasanya untuk menentukan pinjaman 1 m pada kolom. Pekerjaan sipatan bisa menggunakan alat waterpass kemudian diberi tanda atau marking menggunakan benang yang diberi tinta hitam.
sipatan marking
Opname
Opname disini bukan artinya menginap di rumah sakit melainkan proses permohonan pembayaran upah atau termin sesuai dengan progres lapangan. Biasanya diajukan oleh mandor atau subkon kepada pelaksana atau main kontraktor.

Kolotan
Kolotan adalah bahasa lain dari pekerjaan nat keramik. Pekerjaan kolotan menggunakan semen warna. Tujuan dari pekerjaan ini adalah menutup celah antar keramik agar air tidak masuk dan tentu agar lebih terlihat rapi.
Kolotan
Scaffolding
Scaffolding adalah alat perancah yang digunakan sebagai pendukung untuk pekerjaan struktur dan arsitek. Scaffolding merupakan satu kesatuan yang terdiri dari beberapa unit seperti main frame, jack base, u head, join pin, cross brace dan sebagainya. Untuk mengetahui gambaran lengkap tentang scaffolding bisa baca artikel Bagian-bagian Scaffolding.

Lubang Shaft
Lubang shaft adalah lubang pada pelat beton berbentuk persegi panjang dengan ukuran tertentu yang berfungsi untuk jalur pipa-pipa air bersih, air kotor, pemadam kebakaran, air hujan dan sebagainya. Pekerjaan ini biasa dilakukan pada saat pekerjaan struktur yaitu dengan memblock out persegi panjang pada pelat.



Itulah beberapa istilah yang ada diproyek yang mungkin masih asing ditelinga para engineer baru. Mungkin dari teman-teman pembaca setia www.ilmuproyek.com ada yang bisa menambahkan istilah-istilah lain. Penjelasan di atas merupakan sebagian kecil pengalaman yang saya dapatkan ketika masih diproyek.

Jika sudah paham mengenai istilah-istilah di lapangan di atas maka yang perlu dipahami selanjutnya adalah Metode pekerjaan. Banyak dari istilah-istilah di atas digunakan pada saat pengerjaan bekisting balok dan pelat. Untuk lebih memahaminya bisa baca Metode pekerjaan bekisting balok dan pelat.

Berikut untuk versi video

Demikian informasi dari saya, sekian dan terimakasih.

36 Responses to "Istilah-istilah di proyek yang tidak kamu temukan di kuliah"

  1. banyak juga istilah2 yg baru ane tau..
    nice post gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan. dunia teori dengan dunia kerja memang selalu berbeda

      Delete
  2. Kalau nggak salah tierod juga termasuk salah satu komponen chasis mobil y gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, komponen penggerak roda depan mobil untuk ber belok. Dan ini bener juga komponen untuk menahan bekisting juga dinamai Tie Rod tapi ada komponen tambahannya Wing Nut (Mur) dan Counter plate dipasang bersama2

      Delete
  3. Duh kalau itu saya kurang tahu gan. Mungkin karena fungsinya sama ya.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Baik gan terimakasih masukannya. segera kami perbaiki

      Delete
  5. Terima kasih informasinya sangat berguna bagi saya yang awam di dunia sipil.

    ReplyDelete
  6. ada lagi yang antik OKNAM biasanya hari sabtu adanya
    LONDING waktu tunggu beton cor
    hehehehe ( kata mandor tuuuuh )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mas agus dalah denger. Yg bener itu opname ( penjelasan seperti diatas). Loading artinya beton lagi dimix di batching plant.

      Delete
    2. Bukan salah denger min, orang-orang lokal yang salah nyebut opname jadi oknam, soalnya saya pernah dibagian opname, kadang lucu juga hehe

      Delete
  7. Replies
    1. Yang dimaksud istilah OPNAME, saat dimana mandor merekap hasil pekerjaan (biasanya per 2 minggu) untuk diajukan pembayaran ke kontraktor.

      Delete
    2. OPNAME, istilah di proyek untuk "rekap/resume hasil pekerjaan sebelumnya (pasang bekisting slab/balok/kolom/cor/pasang besi dsb),biasanya per 2 minggu untuk diajukan sebagai permintaan pembayaran oleh mandor kepada kontraktor

      Delete
  8. Kuliah tak menjamin masa depanmu... pengalaman bisa jadi ilmu di masa depanmu...
    Like this contractor project ({})

    ReplyDelete
  9. bagus artikelnya. sedikit tapi mengena.

    ReplyDelete
  10. Dan Alangkah Bagusnya jikalau kita tak hanya pandai dalam teori,namun mampu mepraktekannya.

    ReplyDelete
  11. Dan alangkah bagusnya jikalau kitak tak hanya pandai dalam teori,Namun juga mampu mempraktekannya.

    ReplyDelete
  12. sebagai sarjana teknik sipil, saya gak semua hapal istilah2 itu xixixi


    www.infokampus.net

    ReplyDelete
  13. Itulah gan biar ada bedanya,yang kuliah ama yang nggak..yang disampaikan semua itu adalah bahasa orang2 pekerja/tukang...karena menurut mereka itulah bahasa yang pas dan yang mereka pahami untuk berkomunikasi,kalau mereka yang notabene yang pendidikannya mungkin pas2an kita kasih bahasa ilmiah....


    Wallahu A'lam Bisshowaf..

    ReplyDelete

  14. Saya tertarik tentang artikel Anda pada teknik sipil.
    Saya juga memiliki artikel yang sama tentang sipil yang dapat Anda kunjungi di www.leptsp.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  15. klo istilah dolli itu gimana yah bos...mungkin bisa kasih pencerahan

    ReplyDelete
  16. Sangat bermanfaat sekali, saya like deh

    ReplyDelete
  17. koperan; dasar/pondasi pasangan batu belah (paa.talud/pond.lajur),
    beugel/sengkang; tul.bagi pembesian balok/kolom,
    cakar ayam; penjaga jarak (spacer) antar tul.beton (terbuat dr potongan besi beton),
    beton tahu; beton decking (spacer antara tulangan dgn bekisting),
    tapak_dara; metode ikatan kawat/bendrat (bendraat; bhs.Belanda),
    uitzet,
    bowplank,
    aanstamping,
    steger,
    avfoer,
    anker/angkur,
    pedestal,
    armateur,
    ..capek, silahkan dilanjut yaaa..

    ReplyDelete
  18. Very rapidly this web page will be famous amid all blogging and site-building visitors, due to it's good content netflix.com login

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah insyallah berkah kawan trimakasih atas ilmunya

    ReplyDelete
  20. Saya seorang Pelaksana Lapangan yang telah memiliki kurang lebih 5 tahun bekerja di lapangan

    ReplyDelete
  21. Ada lagi, stut buat penguncian tembereng vertikal yang akan di kunci sama support, kongliong buat balok gantung atas opening

    ReplyDelete
  22. Mantap gan postingannya

    ReplyDelete
  23. Terimakasih sudah berbagi iilmu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel