Pengertian waterproofing dan waterstop pada proyek gedung

Pengertian waterproofing dan waterstop pada proyek gedung- Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman dan ilmu mengenai apa itu waterproofing dan waterstop yang sering dilakukan pada proyek-proyek besar. Waterproofing adalah proses pekerjaan yang bertujuan untuk membuat suatu permukaan menjadi tahan dan kedap terhadap air. Sedangkan waterstop adalah proses pengerjaan dengan memberikan material khusus pada sambungan atau celah antara dinding beton dengan lantai beton pada basement. Tujuan waterstop adalah mencegah aliran air yang melintas antara celah beton pada pertemuan dinding dan lantai. 

WATERPROOFING

Pengertian waterproofing sering kali diartikan sebagai lapisan kedap air pada atap dag beton, GWT (ground water tank), STP (Steward treatment Planning), Dinding basement dan sebagainya. Beberapa jenis waterproofing diantaranya adalah Beton Integral, Lembaran (membrane), dan Coating. Sebenarnya masih banyak lagi jenis yang lain namun yang umum digunakan adalah ketiga jenis waterproofing diatas. Berikut penjelasan tentang pengertian waterproofing.

1. Beton Integral
Waterproofing sering digunakan pada beton dengan memberikan lapisan kedap air. Namun dengan adanya sistem beton integral, anda tidak perlu repot-repot memberikan lapisan atau coating karena pada campuran beton tersebut sudah terdapat bahan yang membuat beton menjadi kedap air. Beton integral adalah beton yang diberi tambahan zat concrete admixture berupa bubuk dan cairan yang membuat beton menjadi lebih kedap. Adukan tersebut akan menjadi lebih plastis, kedap air, tidak mudah retak dan lebih keras dengan penghematan penggunaan air hingga 10%. 

Beton integral biasa digunakan pada struktur beton yang terlindung matahari seperti dinding basemen, STP, GWT, dan sebagainya. concrete admixture tidak dianjurkan pada struktur beton yang terkena langsung matahari seperti atap dag beton. Sistem pencampuran bahan integral ke dalam adukan beton dituang secara perlahan-lahan di truck mixer dengan dosis 5-8 liter/m3 beton. Salah satu contoh bahan integral adalah ultrachem integral, conplast 421 (Fosroc), Viscocrete (Sika) dan sebagainya. 

Kelebihan waterproofing sistem integral adalah lebih menghemat waktu kontruksi karena pemasangan waterproofing bersamaan dengan pengecoran, secara tidak langsung kualitas beton menjadi lebih baik, ketahanan beton terhadap serangan gas dan cairan agresif meningkat. Sedangkan kekurangan waterproofing sistem integral adalah beton integral tidak akan maksimal jika digunakan untuk atap dag beton atau terkena langsung matahari. 

2. Lembaran (Membrane waterproofing)
Pengertian membrane waterproofing adalah  proses pemberian lapisan kedap air pada beton menggunakan lapisan lembaran (membrane). Jenis waterproofing ini biasa digunakan pada atap dag beton. Lembaran tersebut terbuat dari bahan bitumen yang telah dimodifikasi resin khusus, penstabil dan atioksidan dan diperkuat dengan serat polyester tidak ditentun (non woven polyester fabric) 200 gram/m2. Tebal lembaran 3 mm. Proses pemasangan lembaran tersebut lebih rumit yaitu dengan cara dipanaskan, dibakar/torching, laminasi dengan lem. 

Kelebihan dari waterproofing sistem membrane adalah tidak mudah terpengaruh cuaca dan suhu, aman digunakan didaerah terbuka, cepat dan praktis dalam pemasangan pada daerah yang luas, ketebalan lebih terjamin karena buatan pabrik dengan mesin khusus, mempunyai kelenturan yang baik. Sedangkan kekurangan dari waterproofing ssitem membrane ini adalah lembaran ini bisa sobek ketika proses screeding atap dag beton jika tidak hati-hati sehingga menimbulkan kebocoran.
waterproofing membrane

3. Coating
Pengertian waterproofing sistem coating ini adalah pemberian lapisan kedap air berupa cairan ke beton menggunakan kuas ataupun spray. Jenis waterproofing ini biasa digunakan untuk shower room, toilet, dinding beton basemen dan sebagainya. Kelebihan dari waterproofing ini lebih mudah diaplikasikan, praktis sederhana dan ramah lingkungan. Terdapat dua jenis sistem coating yaitu waterproofing internal dan eksternal. Waterproofing internal adalah lapisan kedap air pada tempat-tempat tertentu yang tersembunyi seperti kolam renang, dinding beton, kamar mandi, toilet dan sebagainya. Sedangkan waterproofing eksternal adalah lapisan kedap air pada tempat yang terkena matahari langsung seperti atap genteng, dinding luar dan sebagainya. 
coating waterproofing


WATERSTOP
Pengertian waterstop adalah penyumbat aliran air pada celah antara dinding beton dan lantai beton. Sistem waterstop ada dua yang umum digunakan yaitu menggunakan bahan PVC dan swellable waterstop. Berikut penjelasannya masing-masing.

1. PVC waterstop

waterstop jenis ini menggunakan bahan terbuat dari PVC yang mempunyai kelenturan yang baik seperti karet. Proses pemasangan ini dilakukan pada pertemuan lantai beton dan dinding. Pemasangan dilakukan sebelum lantai beton dicor. Waterstop PVC tersedia dalam beberapa jenis dan ukuran. Pemilihan jenis bahan waterstop yang tepat tergantung dari sambungan tersebut bergerak atau tidak bergerak. Aplikasi PVC waterstop biasa digunakan pada pertemuan dinding basemen dan lantai basemen, bak air dan fasilitas air limbah, bendungan, waduk, terowongan, dan sebagainya. 

Proses pemasangan waterstop PVC ini adalah sebelum dilakukan pengecoran lantai, pasang waterstop PVC yang dijepit pada tulangan besi lantai. Sehingga setelah lantai dicor waterstop akan terjepit oleh beton. 
waterstop PVC


2. Swellable Waterstop
Pengertian waterstop jenis ini adalah waterstop yang menggunakan bahan khusus terbuat dari bahan komposisi bentonite dengan butyl rubber compound yang akan mengembang beberapa hari setelah bersentuhan dengan air. Pemuaian maksimum adalah 300 persen dari bentuk semula. Secara kasat mata jenis bahan ini seperti ban. Fungsi dari waterstop swellable ini adalah menghambat aliran air pada celah antara dinding beton dan lantai beton.

Proses pemasangan jenis waterstop ini adalah setelah dilakukan pengecoran lantai beton. Setelah beton mengeras, pasang swellable waterstop pada sambungan lantai dan dinding. Setelah pemasangan waterstop ini selesai , pengecoran beton dinding bisa dilakukan. Penggunaan swellable ini lebih praktis daripada PVC.
waterstop swellable


Pada dasarnya antara waterproofing dan waterstop adalah pekerjaan yang harus ada pada proyek gedung karena mempunyai peranan yang besar dalam melindungi kualitas bangunan dari air. Kedua pekerjaan tersebut mempunyai fungsi yang sama yaitu menghambat air yang masuk kedalam beton dan mencegah rembesan yang menyebabkan kerusakan dinding dan material lainnya. Dari uraian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian waterproofing adalah proses pekerjaan yang dilakukan untuk menghambat air masuk ke tempat yang tidak diinginkan dengan cara memberikan lapisan kedap air sehingga tidak merusak material lain. Sedangkan pengertian waterstop adalah proses pekerjaan dengan cara menghambat aliran air pada sambungan beton khususnya dinding dan lantai. Demikian artikel Pengertian waterproofing dan waterstop pada proyek gedung ini semoga bermanfaat. 

5 Responses to "Pengertian waterproofing dan waterstop pada proyek gedung"

  1. terimakasih gan info nya , bagus ni buat saya tawarin di tempat kerja ane
    jasasablonmurahbermutu.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. Truly, this article is really one of the very best in the history of articles. I am a antique ’Article’ collector and I sometimes read some new articles if I find them interesting. And I found this one pretty fascinating and it should go into my collection. Very good work! Window replacement

    ReplyDelete
  3. Cheers pertaining to delivering the latest changes in connection with worry, My spouse and i expect go through additional. Spalling concrete

    ReplyDelete
  4. With waterproofing your home, assuming that you really do choose to include this need, you positively can whenever during the development. EC Foundations

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel