Pengertian shear wall pada gedung

Pengertian shear wall pada gedung- seperti biasa pada kesempatan ini www.ilmuproyek.com akan berbagi info menarik tentang apa itu shear wall. Jika anda pernah bekerja atau mempunyai pengalaman kerja di proyek gedung bertingkat atau high rise building tentu sudah mengenal dan memahami pengertian shear wall. Pada artikel ini akan dibahas tentang definisi dan fungsi dari shear wall pada gedung bertingkat. 

Shear wall atau lebih dikenal dengan istilah dinding geser adalah element struktur berbentuk dinding beton bertulang yang berfungsi untuk menahan gaya geser, gaya lateral akibat gempa bumi atau gaya lainnya pada gedung bertingkat dan bangunan tinggi. Dinding geser ini terdapat berbagai jenis di dalam gedung antara lain bearing wall, frame wall, dan core wall. Pengertian shear wall dapat digambarkan sebagai berikut. 

1. Bearing wall
Bearing wall adalah jenis dinding geser yang mempunyai fungsi lain sebagai penahan beban gravitasi. 

2. Frame wall
Frame wall adalah dinding geser yang berfungsi sebagai penahan gaya lateral, geser dan pengaku pada sisi luar bangunan. Dinding ini terletak di antara dua kolom struktur. 

3. Core wall
core wall adalah jenis dinding geser yang terletak di pusat-pusat massa bangunan yang berfungsi sebagai pengaku bangunan gedung. Biasanya core wall diletakkan pada lubang Lift yang berfungsi sebagai dinding lift sekaligus. 

Letak shear wall pada bangunan gedung sangat tergantung dari beberapa faktor antara lain tingkat simetrisitas bangunan, tinggi bangunan, dan asumsi dari perencana. Penentuan lokasi dan perhitungan shear wall tentu dilakukan oleh perencana struktur dengan dasar-dasar perencanaan yang kuat. Shear wall pada gedung biasanya menggunakan mutu beton di atas Fc 30 Mpa. 

Dua fungsi utama dari shear wall adalah sebagai kekuatan dan sebagai pengaku. Shear wall diharapkan mampu menahan segala beban seperti beban geser, lateral, dan sebagainya. Sedangkan fungsi shear wall sebagai pengaku adalah menahan goyangan-goyangan yang terjadi pada bangunan akibat gempa bumi sehingga semua element struktur mempunyai tingkat kekakuan yang sama. Jika ada salah satu elemen struktur yang tidak kaku maka akan terjadi tingkat kerusakan pada seluruh bangunan. 

Adapun gambaran langkah pengerjaan shear wall antara lain:
  1. Fabrikasi pembesian dinding shear wall. 
  2. Pemasangan tulangan vertikal yang dicor bareng dengan pelat lantai bawahnya. 
  3. Pemasangan tulangan horizontal, ikat dengan bendrat. 
  4. Untuk area basement silahkan diberi waterstop untuk mencegah masukknya air. 
  5. Pemasangan bekisting pada dua sisi luar. Pada bekisting diusahakan menggunakan as drat untuk mengunci dua bekisting agar tidak terjadi beton yang bunting. 
  6. Cor beton dengan ready mix 
  7. Bongkar bekisting
Element shear wall mempunyai pengertian yang hampir sama dengan element struktur lainnya yaitu untuk menahan gaya yang bekerja pada bangunan gedung. Sejauh ini penggunaan shear wall lebih banyak digunakan pada bangunan high rise building karena semakin tinggi bangunan semakin besar gaya gempa yang bekerja. Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian shear wall pada gedung. Semoga bermanfaat.  

2 Responses to "Pengertian shear wall pada gedung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel