Cara konversi Umur beton dengan Mudah

Cara konversi Umur beton dengan Mudah- Beton merupakan Bagian struktur terpenting yang memberikan kekuatan pada bangunan. kebanyakan bangunan yang menggunakan struktur beton antara lain Rumah, gedung bertingkat, Jembatan, Jalan Tol dan sebagainya. Struktur beton biasanya dikombinasikan dengan besi tulangan. Besi tulangan ini berfungsi sebagai penahan gaya tarik, sedangkan beton berfungsi sebagai penahan gaya desak.

Beton Yang sudah mencapai umur 28 hari biasanya akan mempunyai kuat desak yang maksimal. sehingga kebanyakan Orang menggunakan acuan kuat desak setelah mencapai umur 28 hari untuk berbagai keperluan. Lalu bagaimana jika Beton belum mencapai umur 28 hari, tetapi kita membutuhkan prediksi Mutu beton pada saat umur 28 hari?
Www.ilmuproyek com

salah satu Cara untuk memprediksi kuat tekan beton pada umur tertentu adalah dengan konversi umur beton. Cara konversi umur beton sangat mudah dilakukan. Cukup dengan mengalikan angka konversi yang sudah tersedia pada SNI.

Berikut tabel angka konversi umur beton Mulai dari umur 3 hari,7 hari, 14 hari, 21 hari
NoUmur (hari)Angka konversi
130,460
270,7
3140,88
4210,96
5281

cara konversi Kuat tekan beton pada umur tertentu Sangat mudah dilakukan yaitu dengan menghitung menggunakan angka konversi di atas. Hasil Pengujian beton dengan benda uji silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Apabila hasil uji beton menggunakan Kubus ukuran 15 cm x 15 cm, maka harus dikonversi terlebih dahulu. Cara konversi silinder ke kubus bisa dilihat pada artikel ini Cara Mudah Konversi Mpa ke K 

Apabila sudah mengetahui angka konversi umur beton Maka dapat dihitung dengan mudah. Berikut contoh perhitungannya. 
1. Hasil uji kuat tekan beton umur 3 hari = 7,5 Mpa 
2. Berapa prediksi Kuat tekan beton pada Umur 28 hari? 

f 'c 28 hari = f'c 3 hari/ angka konversi
                   = 7, 5 / 0,46 
                   = 16,3 Mpa
lalu bagaimana jika umur yang diuji ternyata tidak ada dalam tabel diatas? Biasanya Para praktisi akan menggunakan interpolasi linear. sebagai contoh Beton akan diuji pada umur 1O hari. Berapa kuat tekan beton pada umur 28 hari?
Menghitung angka konversi 10 hari
Jadi angka konversi Yang digunakan Untuk menghitung adalah 0,78. Jika hasil uji beton pada umur 10 hari adalah 15 Mpa, maka 
f'C 28 hari = 15/0,78 = 19,23 Mpa 

Beginilah cara konversi umur beton dengan Mudah dan praktis. semoga bermanfaat. 

1 Response to "Cara konversi Umur beton dengan Mudah"

  1. Teori ini hanya dapat digunakan untuk beton normal tanpa menggunakan bahan tambahan seperti fly ash dan admixture dan yang paling utama terkait dengan jenis semen serta analisa kimia dan fisika disemen. Berdasarkan pengalaman dengan menggunakan estimasi kuat tekan dengan menggunakan bahan tambahan sangat jauh dari estimasi yang ada, sehingga menjadi permasalahan juga karena kalau kita menggunakan estimasi pada umur 3 hari ke 28 hari akan trend kuat tekan akan menjadi turun ketika umur 28 hari ditest. Penggunakan tabel kuat tekan di PBI 71 atau SNI digunakan untuk melihat saja hasil uji kuat tekan masuk atau tidak dengan kondisi beton yang dihasilkan dari readymix.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel