Langkah mudah membangun sebuah rumah

Membangun sebuah rumah merupakan sebuah impian setiap orang karena merupakan kebutuhan pokok selain sandang dan pangan. Tidak heran jika tanah sekarang tidak ada yang kosong. Semua orang berusaha membangun rumah di atas tanah mereka. Namun yang perlu diketahui adalah bagaimana langkah yang mudah untuk melaksanakannya. Saya kira di google pun sudah banyak yang memberikan solusi dan artikel tertentu tentang tema yang sama. Ada baiknya anda membaca semua artikel yang berhubungan dengan tema ini karena semakin banyak membaca artikel maka akan semakin mudah menentukan langkah yang tepat untuk memiliki sebuah hunian impian. Tidak jarang ada beberapa artikel yang sudah secara rinci membahas. Namun jika orang awam yang pertama kali membaca bukannya mengerti justru buyar. Cara terbaik untuk memahaminya adalah cari artikel yang secara garis besar terlebih dahulu langkah mudah membangun sebuah rumah.
berbicara soal bangun membangun sebuah rumah. Ada beberapa tipe pekerjaan yang perlu anda tahu yaitu pekerjaan borongan dan harian. Kedua tipe pekerjaan tersebut bisa andaa. pilih yang sesuai dengan kemampuan anda. Borongan merupakan pekerjaan yang dilimpahkan seluruhnya kepada pihak kedua berdasarkan ikatan kontrak kerja. Di sini anda tidak perlu pusing-pusing tahu secara detail teknis pelaksanaan pembangunan rumah. Kekurangannya adalah biayanya jelas lebih mahal. Borongan ini biasanya akan diterima oleh pemborong yang akan menghitung biaya rumah berdasarkan satuan luas. Sedangkan harian adalah anda dilibatkan langsung dalam teknis pelaksanaan pembangunan. Karena tukang dan pekerja anda bayar secara harian. Tentu lebih murah dari segi pelaksanaannya. Namun anda harus berada di lapangan terus karena nasib proyek ada ditangan anda.

langkah membangun rumah
Langsung saja jika anda mempunyai keinginan di masa yang akan datang akan membangun rumah ada baiknya anda memperhatikan langkah-langkah berikut.
Tipe Pekerjaan Borongan
  1. Ukur kembali luas tanah yang akan dijadikan tempat proyek. walaupun sudah ada dalam sertipikat namun ini diperlukan untuk perencanaan desain rumah. cukup menggunakan meteran.
  2. Pilih arsitek maupun jasa desain yang berkualitas. Sampaikan konsep yang anda inginkan dan budget yang anda punya.
  3. Minta kepada arsitek untuk rencana anggaran biaya (RAB) dan pelajari.
  4. Buat IMB (ijin mendirikan bangunan) di dinas perizinan.
  5. Membuat kesepakatan harga borongan dengan pemborong sesuai dengan spek yang sdah dibuat oleh arsitek.
  6. Buatlah kesepakatan termin yang meringankan anda. Misal dibagi dengan beberapa termin. Jangan sekali-kali anda memberikan seluruh biaya pembuatan rumah di awal sekaligus.
  7. Kesepakatan-kesepakatan dituangkan ke dalam surat kontrak yang ditanda tangani dan ditempel materai.
  8. Setelah semua siap dan deal. buat lah surat perintah kerja (SPK) yang diberikan ke pemborong agar memulai pekerjaan.
Tipe Pekerjaan Harian
  1.  Ukur kembali luas tanah yang akan dijadikan tempat proyek. walaupun sudah ada dalam sertipikat namun ini diperlukan untuk perencanaan desain rumah. cukup menggunakan meteran.
  2.  Pilih arsitek maupun jasa desain yang berkualitas. Sampaikan konsep yang anda inginkan dan budget yang anda punya. 
  3. Minta kepada arsitek untuk rencana anggaran biaya (RAB) dan pelajari serta time schedulenya (jadwal proyek).
  4. Buat IMB (ijin mendirikan bangunan) di dinas perizinan.
  5.  Cari toko atau bahan material yang relatif lebih murah dibandingkan toko bangunan yang lainnya. 
  6. Cari lah tukang dan pekerja yang anda sudah tahu track recordnya. 
  7. Cari info mengenai upah biaya tukang dan pekerja. Jangan sampai anda membayar terlalu murah yang berakibat tukang pergi secara diam-diam( kabur). Tapi jangan sampai kemahalan juga untuk efisiensi biaya.
  8. Mulailah dengan pembuatan sumur terlebih dahulu di lokasi proyek karena saat proses pelaksanaan pasti membutuhkan banyak air.
  9. Mulai pekerjaan sesuai dengan jadwal pelaksanaan yang sudah dibuat (time schedule).
  10. Gunakan tukang secukupnya pada awal proyek. 2 tukang dan 4 pekerja. lalu tambah tukang dan pekerja pada pertengahan proyek seiring bertambahnya item pekerjaan yang dikerjakan.
  11. Untuk memasang rangka atap baja ringan bisa menggunakan subkon atau pemborong khusus pelaksana rangka atap menggunakan baja ringan.
  12. Gunakan pekerjaan finishing sebaik mungkin karena akan memperlihatkan hasil dari pekerjaan anda. pilih bahan finishing yang berkualitas seperti batu alam, cat, rumput dan sebagainya.
Apabila anda ingin belajar menjadi seorang kontraktor rumah atau akan membangunkan rumah klien anda bisa melihat artikel yang berjudul tips menjadi kontraktor ruamh. Demikian tips langkah mudah untuk membangun sebuah rumah. Semoga bermanfaat.

1 Response to "Langkah mudah membangun sebuah rumah"

  1. An International SIM Card is a prepaid cellular phone SIM card that allows you to make calls and text messages to any cell phone in the world. This card is a great option for travelers who want to stay connected while on the go. With International SIM Cards, you can call and text friends and family back home in any country, without worrying about high roaming fees. Plus, you can easily access your favorite online services while traveling.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel