Perbedaan plafon gypsum dan kalsiboard

Perbedaan gypsum dan kalsiboard- Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang perbedaan antara material gypsum dengan kalsiboard. Mungkin dari teman-teman pembaca setia www.ilmuproyek.com ada yang masih bingung lebih bagus mana antara gypsum dengan kalsiboard sebagai bahan plafon. Sebenarnya untuk pekerjaan plafon sendiri banyak sekali material yang bisa digunakan antara lain eternit, gypsum, kalsiboard, GRC, multiplek, shunda plafond dan sebagainya. Kebanyakan yang sering digunakan saat ini ada gypsum dan kalsiboard. Gypsum dan kalsiboard mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga penggunaannya bisa disesuaikan dengan kondisi tempat. Sebelum jauh ke ke penjelasan tentang perbedaan plafon gypsum dan kalsiboard, saya akan menjelaskan tentang proses pengerjaan plafon dan bahan-bahan yang digunakan terlebih dahulu.
Perbedaan gypsum dan kalsiboardnya sebenarnya terletak pada kemampuan bahannya. Rangka plafon yang sering digunakan adalah galvalum hollow dengan ketebalan 0.3 mm ukuran 4x4 cm dan 2x4 cm. Sedangkan untuk penggantung rangkanya bisa menggunakan hollow, kawat putih, atau root disesuaikan dengan budget. Proses pemasangan plafon gypsum termasuk cepat karena alat yang digunakan hanya alat potong dan fisher.  Perbedaan gyspum dan kalsiboard dalam segi pemasangan hampir tidak ada. 
plafon gypsum
Plafon merupakan bagian terpenting dari interior bangunan karena dinilai akan memberikan nilai jual terhadap bangunan. Berdasarkan pengalaman di lapangan, kebanyakan untuk bangunan-bangunan komersil seperti hotel, rumah sakit dan sebagainya menggunakan gypsum karena dinilai lebih rapi dan permukaan lebih halus. Untuk area basah seperti kamar mandi biasanya menggunakan gypsum jenis WR (water resistance) sehingga terkena air pun tidak akan mengalami kerusakan. Sekedar informasi bukan maksud untuk promosi merk gypsum yang biasa digunakan dipasaran diantaranya adalah elephant, jayaboard, knauf, dan sebagainya. 1 lembar gypsum biasanya tersedia dalam ukuran 1,2x2,4 m dan ketebalan dari 9-15 mm namun idealnya yang biasa digunakan adalah tebal 9 mm.
Langsung aja inilah beberapa perbedaan antara plafon gypsum dan kalsiboard dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Kelebihan gypsum
  1. Plafon dengan bahan gypsum biasanya lebih rapi dan halus sehingga dari segi nilai estetika memiliki keunggulan tersendiri.
  2. Lebih mudah dibuat berbagai model seperti drop ceiling, cuve, dome dan sebagainya
  3. Perawatan dan perbaikan lebih mudah. Jika ada bagian yang rusak maka tidak perlu mengganti 1 lembar namun hanya bagian yang rusak kemudian bisa dirapikan lagi dengan compound. 
  4. Proses pemasangannya lebih cepat
  5. Mudah ditemukan di pasaran 
  6. Dapat dipasang dengan menggunakan besi hollow maupun kayu.
Kekurangan gypsum
  1. Tidak tahan terhadap air hanya produk gypsum yang berlabel Water resistance saja yang kedap terhadap air.
  2. Akan terlihat kusam dan jamur apabila ditempat lembab dan basah
  3. Mudah rusak apabila terkena benturan
  4. Genteng harus benar-benar tidak bocor agar plafon tidak terkena bocoran air saat hujan. 
Sementara ini permintaan pasar untuk plafon gypsum dan kalsiboard masih tinggi karena masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalsiboard merupakan bahan material plafon yang biasa digunakan untuk rumah-rumah tinggal karena atap rumah tidak sebagus dengan atap hotel. Sehingga untuk mencegah agar plafon awet menggunakan kalsiboard. Tapi jika rumah bisa dipastikan mempunyai atap yang bagus dan tidak mungkin bocor bisa gunakan gypsum. Perbedaan antara plafon gypsum dan kalsiboard yang paling terlihat adalah ketahanan terhadap air. Bisa dipastikan rata-rata kalsiboard lebih tahan air dibanding gypsum. Untuk lebih lengkapnya berikut penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan kalsiboard.
plafon sebelum dicat

Kelebihan Kalsiboard
  1. Kalsiboard tidak mengandung bahan asbes yang berbahaya bagi kesehatan. Sehingga bahan ini tidak getas. 
  2. Ketebalan bahan ini sangat bervariatif mulai dari 3 mm sampai dengan 20 mm. 
  3. Untuk proses penyambungan lebih mudah karena terdapat karena ada bagian yang lebih tipis pada bagian tepi (recessed) sehingga penggunaan compound lebih sedikit. 
  4. Daya tahan kalsiboard lebih kuat dibanding gypsum apabila terkena air
  5.  Kalsiboard lebih mudah dibersihkan dari noda air jika terkena air sehingga pemeliharaan material ini lebih mudah
  6. Kalsiboard mampu dilengkungkan hingga kelengkungan tertentu sehingga bisa untuk desain-desain plafon yang lengkung.
Kelemahan Kalsiboard
  1.  Kalsiboard memiliki kembang susut tinggi sehingga mudah sekali retak rambut. Saat musim hujan mengembang dan saat musim kemarau menyusut
  2. Pada sambungan nat tidak sempurna sehingga akan menimbulkan retak rambut pada sambungan.
  3. Membutuhkan rangka yang lebih kuat
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari bahan gypsum dan kalsiboard. Perbedaan antara gypsum dan kalsiboad terletak pada bahan-bahannya. Untuk mengetahui harga terbaru bahan gypsum bisa kunjungi Daftar harga gypsum dan GRC terbaru. Namun jika anda tidak mau ribet sebaiknya pekerjaan plafon diborongkan saja. Artikel daftar harga borongan plafon gypsum ini bisa menjadi gambaran total biaya gypsum jika diborongkan. Gypsum terbuat dari casting atau bubuk gypsum. Bentuk dari casting ini lembut seperti semen namun berwarna lebih putih. Bahan lainnya adalah roving yang berfungsi sebagai penguat. Bentuknya adalah seperti rambut atau serat panjang. Sedangkan kalsiboard terbuat dari semen, serat selulosa, pasir silica. 
rangka plafon
Plafon gypsum

Proses pemasangan plafon terbilang sangat simpel. berikut tahapan pemasangannya.
  1. Pemasangan rangka seperti pada gambar di atas. Rangka bisa menggunakan hollow galvalum ukuran 4x4 atau 2x4 cm. Untuk penggantung bisa menggunakan kawat atau root. 
  2. Memasang papan gypsum maupun kalsiboard.
  3. Memberikan compound pada sambungan atau nat
  4. Plamir dan diamplas
  5. Cat 
Perbedaan plafon gypsum dan kalsiboard di atas merupakan informasi saja bukan bermaksud untuk memihak salah satu dan menjelekkan produk lain. Keputusan terakhir penggunaan material plafon tergantung dari anda karena masing-masing dari gypsum dan kalsiboard mempunyai nilai plus dan minusnya. Demikian informasi tentang perbedaan plafon gypsum dan kalsiboard. terimakasih.

21 Responses to "Perbedaan plafon gypsum dan kalsiboard "

  1. Klo saya lebih baik menggunakan gypsum. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan gan masing-masing punya kelebihan dan kekurangan

      Delete
  2. Oh gitu rupanya. Baru tau ya... simple

    ReplyDelete
  3. oh gitu ya jadi tau bedanya dengan cara ngecornya

    ReplyDelete
  4. kalo dilihat dari sisi kelemahan, kayaknya plafon yang kalsiboard lebih bagus ya dari gypsum?

    ReplyDelete
  5. Sy mau pasang plafon rmh, tp jd bingung..hehehe..gypsum apa kalsiboard ya ???

    ReplyDelete
  6. Berapa selisih berat nya, shg kita bisa mengira kekuatan rangkanya

    ReplyDelete
  7. Kalau dengan plafon PVC bagus mana ya?

    ReplyDelete
  8. saya pilih kalsiborad karena daya tahan air, pasti
    kunjungan balik gan http://www.prediksibola-parlay.com/

    ReplyDelete
  9. saya di rumah pake kalsibot pak , hmm jadi lebih tau saya perbedaan gypsum sama kalsibot untuk pemaikannnya , terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  10. plafodnya yg digambar mirip mall J-walk sahid bentuknya

    ReplyDelete
  11. saya butuh kalsiboard area boyolali

    ReplyDelete
  12. Untuk pengganti dinding bagus yang mna gan

    ReplyDelete
  13. Jd kesimpulannya :
    * gypsum mudah pemasangannya.
    * kalsiboard tahan lama terhadap air dan benturan.
    Betul gk?

    ReplyDelete
  14. saya ingin membuat kamar tidur dihalaman belakang, yang nantinya bagian belakang akan terkena panas /hujan langsung, kalau dinding kamar bagian luar menggunakan kalsiboard apakah aman ? kira2 berapa lama bisa bertahan dibandingkan dengan dinding bata ? kalau rangka dinding kamar menggunakan baja ringan apakah kuat ?

    ReplyDelete
  15. Gypsum Board also has known with the common name drywall that is using in the terms of wallboard or plasterboard in construction. Read Out a complete overview of the Gypsum board and Accessories gypsum board and accessories

    ReplyDelete
  16. Search for an accomplished putting contractual worker who can do the home fix and remodel work impeccably. plaster repairs hobart

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel