Fungsi STP dan GWT pada bangunan gedung

Fungsi STP dan GWT pada bangunan gedung- Pada kesempatan ini www.ilmuproyek.com akan berbagi informasi mengenai pengertian dan fungsi STP dan GWT pada bangunan gedung seperti hotel, rumah sakit, apartemen dan sebagainya. Sebagai seorang civil engineers, kita memang tidak perlu mempelajari secara mendalam tentang STP dan GWT. Namun minimal harus mengetahui type dan fungsi dengan jelas pada bangunan gedung. Pada proyek gedung STP dan GWT sangat berhubungan dengan pekerjaan lain sehingga kita pun harus memahami pengertian dan fungsinya.

Sewage Treatment Plant (STP)
STP singkatan dari Sewage Treatment Plant merupakan sistem pengelolaan air limbah pada bangunan gedung seperti hotel, apartemen, condotel, rumah sakit, dan sebagainya. Fungis dari STP ini adalah mengolah air limbah atau air kotor menjadi air yang layak digunakan kembali atau air yang ramah lingkungan. Tentu ada tahapan-tahapan treatment yang bisa membuat air limbah menjadi air normal kembali. Biasanya Air hasil olahan STP ini hanya akan digunakan kembali untuk non konsumsi seperti penyiraman tanaman yang tidak berkontaminasi dengan manusia lagi.

Bangunan STP biasanya menjadi struktur terpisah dengan struktur utama namun pada beberapa gedung yang tidak mempunyai lahan yang luas, bangunan STP berada di bawah bangunan utama atau di bawah basement. Ukuran bangunan STP menyesuaikan kapasitas penggunaan air pada suatu gedung, Contohnya Semakin banyak kamar hotel maka semakin besar kapasitas STP sehingga ukuran pun lebih besar.

Sistem STP bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu sistem rotor disk dan Extended Aeration.

Rotor Disk adalah sistem pengelolaan limbah dengan cara membiakkan bakteri yang menempel pada disk sehingga bakteri akan kontak dengan oksigen sedangkan pada saat bakteri ada di dalam cairan akan makan kotoran pada cairan tersebut.

Extended Aeration adalah suatu sistem dimana pemberian oksigen dilakukan dengan cara menyemburkan oksigen ke dalam cairan dengan menggunakan blower. Sistem ini membutuhkan area yang luas. 
Contoh STP tampak samping

Ground Water Tank (GWT)
Pada bangunan seperti hotel, apartemen, rumah sakit memerlukan air bersih yang digunakan untuk kebutuhan manusia sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan air yang berkualitas maka diperlukan beberapa treatment pada air sumur agar bisa digunakan atau siap konsumsi.

GWT atau Ground Water Tank adalah suatu konstruksi bawah tanah yang berfungsi untuk menampung dan mengolah air bersih yang bersumber dari sumur dalam. Pengolahan air tersebut akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau siap konsumsi seperti mandi, toilet, minum dan sebagainya. Pada GWT ini terdapat 3 bagian konstruksi yaitu Intake, WTP (Water Treatment Plant) dan Reservoir. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Intake
Intake adalah ruang atau bangunan pertama untuk menampung masuknya air dari sumber air sumur dalam. Pada bagian Intake ini biasanya terdapat bar screen yang berfungsi menyaring benda-benda dalam air. Air di dalam Intake ini kemudian dipompa ke ruang berikutnya yaitu WTP (Water Treatment Plant)

2. WTP (Water Treatment Plant)
Fungsi dari WTP ini adalah mengolah dan menyaring air bersih bersumber dari Intake menjadi air yang lebih layak untuk konsumsi seperti mandi, minum, dan sebagainya. Proses pengelolaan air bersih Pada Water Treatment Plant ini melalui beberapa tahapan yang dimulai dari
  1. koagulasi adalah proses untuk memisahkan air dengan pengotor yang terlarut di dalamnya. Proses destabilisasi ini dapat dilakukan dengan penambahan bahan kimia maupun dilakukan secara fisik dengan rapid missing, hidrolis, maupun cara mekanis

  2. Flokulasi adalah proses untuk membentuk dan memperbesar flok (pengotor yang terendapkan). Pada proses ini dilakukan pengadukan lambat dengan syarat air harus tenang. Untuk meningkatkan efisiensi biasanya ditambah dengan senyawa kimia yang mampu mengikat flok-flok. 

  3. Sedimentasi adalah proses untuk mengendapkan partikel-partikel koloid yang sudah didestabiliasasi oleh proses sebelumnya. 

  4. Filtrasi adalah proses penyaringan dari air pada proses sebelumnya. Penyaringan bisa menggunakan membran, pasir, dan sebagainya.Dengan teknologi membran proses filtrasi ada beberapa jenis membrang yaitu Multi media filter, Ultrafiltrarion system, Nanofiltration system, Microfiltration system dan Reverse Osmosis system.

  5. Desinfeksi adalah proses penambahan senyawa kimia untuk mematikan kuman yang kemungkinan masih ada seperti penambahan chlor, ozonosasi, UV, dan sebagainya. 
3. Reservoir
Reservoir adalah ruang atau bagian dari GWT pada tahapan paling akhir. Fungsi dari reservoir adalah tempat penampungan sementara air bersih sebelum didistribusikan.
Contoh GWT

Antara STP dan GWT sangat dibutuhkan untuk keperluan bangunan seperti hotel yang mengandalkan kualitas air yang baik untuk tamu pengunjung. Kedua sistem tersebut harus ada dalam sebuah hotel atau bangunan lainnya agar mendapatkan kualitas air yang baik. Mungkin ini lah menyebabkan banyak orang berkata air itu adalah sumber kehidupan. Demikian artikel tentang Fungsi STP dan GWT pada bangunan gedung semoga bermanfaat.

7 Responses to "Fungsi STP dan GWT pada bangunan gedung"

  1. Untuk info jasa pekerjaan Bore pile dan Strauss pile.
    http://www.bore-strausspile.com

    ReplyDelete
  2. Agak sedikit out of topic, tapi saya hanya ingin menyampaikan agar background diganti warna lain, agar proses membaca lebih mudah dan menyenangkan, terima kasih

    ReplyDelete
  3. Perkenalkan kami dari PT Poly Stamino Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan air limbah domestik dan limbah industri. Kami menyediakan enzim pengurai limbah pada WWTP, STP, Grease Trap, Danau/Kolam dan Septic Tank dengan merek BioWasteTM.
    BioWasteTM adalah Enzim Pengurai Limbah Cair (termasuk lemak dan minyak) berbentuk tepung (powder) dengan keunggulan antara lain sebagai berikut:
    Merupakan konsentrat dan mengandung jumlah CFU (Colony Forming Units) yang sangat tinggi (2-5 miliar bakteri/gram) dengan reactivation rate 95-98%
    Mampu bekerja di pH 5-9, optimal di pH 7-8
    Mengandung bakteri strein fakultatif (dapat bekerja di kondisi aerob dan anaerob), kecuali jenis produk khusus bakteri anaerob
    Tahan terhadap suhu panas sampai 500C
    Mampu bekerja di kondisi COD dan TDS yang tinggi
    Mampu mengurai COD dan BOD sampai 95%
    Tahan terhadap deterjen dan beban limbah yang berlebih (shockloading)
    Cepat stabil dan mengurai limbah dengan sangat cepat dan efektif
    Mampu dengan cepat menghilangkan bau busuk yang disebabkan oleh lemak, sewage maupun limbah organik lainnya
    Mengurai lemak sehingga manjadi cair dan tidak lengket dalam waktu singkat
    Mencegah pipa tersumbat dan kerusakan pompa
    Mengurangi endapan lumpur
    Dll.
    Varian Produk BioWasteTM adalah sbb:
    BioWasteTM WWTP (untuk limbah industri di WWTP)
    BioWasteTM STP (untuk limbah domestik di STP
    BioWasteTM FOG (untuk limbah minyak dan lemak)
    BioWasteTM Septic Tank (untuk limbah septic tank)
    BioWasteTM Pond Clarifier (untuk penjernih danau/kolam)
    BioWasteTM Anaerob (untuk limbah di tank anaerob)
    Untuk mengetahui lebih detail mengenai produk BioWaste, bersama ini kami lampirkan presentasi BioWaste.
    Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami
    M.Rizal
    Hp/Wa. +62 815 1911 7239
    Tlp. 021 29430770
    Email. rizal@polystamino.co.id
    marketing@polystamino.co.id
    www.polystamino.co.id

    ReplyDelete
  4. Perkenalkan kami dari PT Poly Stamino Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan air limbah industri dan domestik. Kami menyediakan enzim pengurai limbah lemak/minyak, industri, rumah sakit, domestik atau sewage, dan Septic Tank dengan merek BioWasteTM.



    BioWasteTM adalah Enzim Pengurai Limbah Cair (termasuk lemak dan minyak) berbentuk tepung (powder) dengan keunggulan antara lain sebagai berikut:

    • Dapat diaplikasikan pada semua tahap proses pengolahan limbah, termasuk tahap pre-treatment di Grease Trap, Sewage Water Plant (SWP) dan Kolam Ekualisasi.

    • Merupakan konsentrat dan mengandung jumlah CFU (Colony Forming Units) yang sangat tinggi (2-5 miliar bakteri/gram) dengan reactivation rate 95-98%

    • Mengandung bakteri strein fakultatif (dapat bekerja di kondisi aerob dan anaerob), kecuali jenis produk khusus bakteri anaerob

    • Mampu bekerja di pH 5-9, optimal di pH 7-8

    • Tahan terhadap suhu panas sampai 500C

    • Mampu bekerja di kondisi COD dan TDS yang tinggi

    • Mampu mengurai COD dan BOD sampai 95%

    • Tahan terhadap deterjen dan beban limbah yang berlebih (shockloading)

    • Cepat stabil dan mengurai limbah dengan sangat cepat dan efektif

    • Mampu dengan cepat menghilangkan bau busuk yang disebabkan oleh lemak, sewage maupun limbah organik lainnya

    • Mengurai lemak sehingga manjadi cair dan tidak lengket dalam waktu singkat

    • Mencegah pipa tersumbat dan kerusakan pompa

    • Mengurangi endapan lumpur

    • Dll.



    Varian produk BioWasteTM adalah sbb:

    1. BioWasteTM WWTP (untuk limbah rumah sakit dan limbah industri)

    2. BioWasteTM STP (untuk limbah domestik atau sewage)

    3. BioWasteTM FOG (untuk limbah lemak dan minyak, tanah yang terkontaminasi oli dan minyak)

    4. BioWasteTM Septic Tank (untuk limbah septic tank)

    5. BioWasteTM Pond Clarifier (untuk penjernih danau/kolam)

    6. BioWasteTM Anaerob (untuk limbah di tanki/kolam anaerob dan tabung biogas)



    Jenis kemasan: AlumInium Foil 1 kg dan 100 gr



    Untuk mengetahui lebih detail mengenai produk BioWasteTM, bersama ini kami lampirkan presentasi BioWasteTM.



    Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kami di:
    Contac.
    M.Rizal
    Mobile/Wa. +62 815 1911 7239
    Telp. 021 29430770 atau email: marketing@polystamino.co.id

    ReplyDelete
  5. Salam kenal

    Untuk bangunan yang menyediakan STP dan GWT tentunya harus menggunakan waterproofing sebagai pelapis anti bocor agar air dari penampungan satu sama lain tidak tercampur kembali.selain itu waterproofing juga digunakan untuk mencegah air rembesan masuk ke dalam penampungan.kami menerbitkan artikel lengkap tentang waterproofing.selain membahas cara aplikasi dan metode kerja,kami juga langsung menampilkan harga waterproofing secara update tahun 2017.
    Silahkan kunjungi blog kami

    https://sifaceria.com/waterproofingpengertian-waterproofingharga-waterproofing/

    Terima kasih admin atas dimuatnya komentar ini

    ReplyDelete
  6. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,

    Tommy.k
    081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com

    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel