Download SNI Pedoman perencanaan drainase Jalan

Download SNI Pedoman perencanaan drainase Jalan- Pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit info dan file pedoman dalam perencanaan drainase jalan. Anda dapat mendownload SNI tersebut di artikel ini pada bagian bawah. Seperti yang kita tahu bahwa drainase merupakan saluran yang digunakan untuk mengalirkan air hujan dari jalan menuju saluran pembuangan akhir sehingga ukuran dari drainase yang berada disamping jalan harus memenuhi kapasitas dari curah hujan. Oleh karena itu lah pedoman perencanaan drainase jalan ini dibuat oleh Departemen Pekerjaan Umum.

Berbicara tentang drainase jalan tentu tidak lepas dari masalah-masalah perkotaan yang sekarang ada yaitu Banjir. Tidak dipungkiri bahwa banjir disebabkan oleh masalah drainase yang tidak bekerja maksimal dan sungai yang terjadi over flow. Sebenarnya untuk ukuran drainase jalan itu sendiri sudah memenuhi standar dan mampu menampung seluruh aliran dari air hujan, namun karena saluran drainase banyak yang tertutup dan tersumbat oleh sampah maka terjadi penyempitan ukuran drainase sehingga tidak lagi mampu menampung aliran air hujan.  

Perencanaan drainase jalan di Indonesia selalu mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga diharapkan semua drainase jalan dapat bekerja optimal. Dalam pedoman ini ada banyak sekali yang dibahas antara lain:

  1. Saluran tertutup
  2. Bangunan pelengkap saluran
  3. Drainase lereng
  4. Drainase bawah permukaan
  5. Fasilitas penahan air hujan
  6. Aspek pengkajian lingkungan
Untuk lebih jelasnya dari poin-poin di atas langsung saja untuk mendownload SNI pedoman perencanaan drainase jalan 


Demikian info yang dapat saya bagikan pada artikel ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Download SNI Pedoman perencanaan drainase Jalan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel