Penempatan Tugas Proyek di Pelosok juga ada enaknya lho, Jarang dikunjungi Tamu?

Penempatan Tugas Proyek di Pelosok juga ada enaknya lho, Jarang Dikunjungi Tamu?- Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman mengenai Enaknya proyek di daerah terpencil atau remote area. Memang tidak semua lokasi bisa merasakan seperti ini tetapi paling tidak memberikan gambaran bahwa di proyek pelosok tidak seseram yang digambarkan orang- orang. Justru orang- orang tertentu malah suka ditempatkan di lokasi tersebut. 

Siapa yang tidak tahu lika liku kehidupan di kontraktor. Kerja di kontraktor memang lebih sering ditempatkan di proyek. Durasi proyek biasanya 2-3 tahun. Paling lama 5 tahun untuk proyek bendungan. Setelah proyek selesai kita harus berpindah lagi menuju proyek baru dan lokasi baru. Di tempat baru itulah mulai adaptasi lagi terhadap lingkungan sekitar. Tidak semua jenis proyek ada di remote area atau daerah terpencil. Beberapa proyek yang ada di pelosok dan perbatasan antara lain proyek PLBN (Pos Lintas Batas Negara), Proyek Irigasi, Proyek Jalan Nasional, Proyek Bendungan, dan sebagainya. 
Pekerja proyek, proyek pelosok

Kehidupan di proyek memang selalu menarik karena ada hal baru yang belum pernah kita alami. Baik dari segi lingkungan, penduduk sekitar, bahkan teman- teman proyek kita sendiri. Setiap perpindahan lokasi proyek pasti ada yang mengesankan. Beberapa cerita teman juga ada yang mengatakan bahwa setiap lokasi proyek selalu meninggalkan kesan dan kenangan seperti mendapatkan jodoh asli orang daerah, terjadi cinta lokasi dan sebagainya. 
Berikut beberapa alasan mengapa proyek di pelosok juga ada enaknya antara lain

1. Lingkungan Sekitar Masih Asri
Beberapa orang termasuk saya juga sangat menyukai lokasi- lokasi yang masih hijau dan asri seperti di pegunungan dan dataran tinggi. Udara di sini masih terasa sejuk dan jauh dari polusi kendaraan. Walaupun jauh dari hingar bingar perkotaan, bekerja di sini bisa mengurangi stres akibat beban pekerjaan. Proyek di lokasi seperti ini biasanya proyek Bendungan. 

2. Dekat dengan lokasi wisata alam yang bagus
Salah satu proyek yang paling enak adalah proyek yang terletak di daerah dan dekat dengan wisata wisata alam terkenal. Sebagai contoh proyek di Berau Kalimantan Timur. Di daerah sini terdapat lokasi- lokasi wisata yang sangat bagus seperti Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Danau Labuan Cermin, Talisayan, dan sebagainya. Bahkan saya bisa mengunjungi lokasi tersebut setiap tahun bersama- sama dengan tim proyek. Enak bukan? Banyak teman- teman di pulau jawa yang mungkin sedikit iri karena belum bisa kesana. 

3. Pengalaman Baru di Lingkungan Baru
Pengalaman adalah guru terbaik kita. Penempatan di proyek pelosok harus selalu disyukuri karena selalu ada pengalaman baru dan ilmu baru. Sebagai contoh adalah proyek jalan di perbatasan. Area untuk proyek jalan adalah memanjang. Di setiap kilometernya melintasi bermacam- macam pemukiman. Disitulah muncul berbagai masalah sosial yang harus diselesaikan kontraktor. Karakter orang di setiap daerah selalu berbeda- beda. Karakter orang jawa berbeda dengan orang dayak, orang dayak juga berbeda dengan orang batak, dan sebagainya. Ketika kita bisa menyelesaikan masalah sosial dengan baik, akan menjadi pengalaman baru untuk kita. Cara bermasyarakat dan menyatu dengan penduduk sekitar juga akan menjadi pengalaman yang mengesankan. 

3. Proyek Pelosok Jarang Dikunjungi Tamu
Mitos atau fakta? jika proyek di perbatasan dan pelosok jarang dikunjungi tamu- tamu pejabat dari ibukota. Bukan rahasia lagi jika memang proyek- proyek tersebut kurang mendapatkan perhatian oleh pejabat terkait karena faktor lokasi yang jauh dari kota. Hal ini justru membuat sebagian orang malah senang karena jarang dikunjungi. Karena kunjungan tamu- tamu justru membebani kita untuk menyiapkan segala hal penyambutan tamu.

Sudah menjadi rahasia umum kalau tim proyek merasa lebih nyaman jika jarang dikunjungi tamu. Berbeda dengan proyek- proyek strategis di perkotaan yang selalu jadi sorotan, pasti selalu dikunjungi para tamu pejabat.

4. Mendapatkan Tunjangan Lokasi
Memang tidak semua perusahaan kontraktor memberikan tunjangan lokasi terhadap karyawan yang ditempatkan di remote area. Namun untuk perusahaan- perusahaan besar memberikan tunjangan lokasi berupa uang. Memang tidak terlalu besar tapi lumayan lah.

5. Penduduk Sekitar Ramah- ramah
Salah satu yang membuat kita nyaman bekerja di tempat baru adalah sambutan warga sekitar yang ramah- ramah. Tidak jarang jika kita sedang ke lapangan, istirahat di rumah warga pun mendapatkan sambutan yang hangat. Tidak jarang ada yang menawarkan minuman dan makanan. Hal- hal kecil seperti ini membuat kita berasa kerja di kampung halaman sendiri.

Itulah beberapa alasan mengapa penempatan proyek di pelosok harus selalu disyukuri. walaupun tidak semua lokasi proyek seperti itu pasti selalu ada sisi positif yang bisa diambil.

1 Response to "Penempatan Tugas Proyek di Pelosok juga ada enaknya lho, Jarang dikunjungi Tamu?"

  1. Mungkin 1 jg manfaatnya, hemat pengeluaran selama masa proyek

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel