Cara mengukur luas tanah dengan theodolite

Pada kesempatan ini saya akan berbagi pengetahuan tentang cara mengukur luas tanah dengan theodolite. Sebenarnya tidak hanya luas tetapi bisa mengukur kontur tanah juga. berbicara masalah pengukuran tentu menggunakan metode-metode tertentu seperti poligon. Jika anda sudah membaca artikel sebelumnya berjudul pengertian poligon tertutup dan terbuka maka anda akan nyambung dengan artikel kali ini. Karena nanti kita akan membahas banyak tentang teknik dilapangan menggunakan poligon. Jika belum membaca saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu. Pada saat ini memang sudah banyak sekali pengembang-pengembang atau developer yang ingin membangun rumah-rumah di daerah tertentu. Bahkan sudah memasuki wilayah pelosok-pelosok. Tanah. itu lah kata dan benda yang saya yakin semua orang sudah tahu. Maksud dari tahu disini adalah investasi yang ada pada benda itu. Semua orang berlomba-lomba untuk memilih investasi tanah. Selain harga yang semakin lama semakin naik. Bisa digunakan sebagai tempat usaha. Apalagi memiliki lokasi yang sangat strategis seperti dipinggir jalan yang sangat ramai. Atau mungkin malah untuk membuat rumah. Ya. tidak sedikit orang yang menginginkan hunian yang sangat mudah akses keluarnya. Walaupun tidak berniat dijadikan sebuah tempat usaha namun lokasi yang strategis akan memudahkan penghuni untuk pergi ke mana-mana.

Cara mengukur luas tanah dengan theodolite

Bagi sebagian besar orang yang ingin membangun sebuah rumah, tentu akan mempertimbangkan beberapa parameter yang salah satunya sudah saya sebutkan di atas. lokasi merupakan faktor utama pembelian tanah. Lalu faktor kedua saat berencana membuat rumah adalah luas bangunan dan budget. Faktor ketiga adalah desain atau aristektur.Berbicara masalah luas bangunan maka harus disesuaikan dengan luas tanah yang ada. Hunian yang baik adalah yang mempunyai ruang terbuka hijau minimal 30%. Artinya ada sekitar 30 % tanah yang tidak boleh tertutup oleh rabat beton. Sebelum kita memulai desain gambar rumah ada baiknya kita ukur ulang dahulu lahannya. walaupun sudah ada pada sertipikat. Mungkin untuk bentuk lahan yang persegi atau kotak atau luas yang relatif kecil bisa menggunakan rol meter saja. Tapi bagaimana kalau tanahnya itu sangat luas dan bentuknya tidak beraturan? Solusinya adalah menggunakan theodolite. Alat ini biasa digunakan untuk pekerjaan yang luas dan berbentuk tidak beraturan. Sebelum mulai ke langkah saya akan memberikan dengan contoh studi kasus yang saya ambil dari projek sebelumnya. Tanah di bawah ini mempunyai luas sekitar 2 hektar dimana kegunaan lahan adalah sawah. Saya menentukan titik poligon atau titik alat sebanyak 5 titik. seperti pada gambar di bawah ini.

Cara mengukur luas tanah dengan theodolite




Pada contoh kasus diatas saya menggunakan poligon segi 5. bagaimana langkahnya?
kita langsung saja bahas langkah-langkah mengukur luas dan kontur tanah dengan theodolite.
  1.  Siap peralatan yang terdiri dari theodolite, statif, dan meteran kecil, bak ukur, alat tulis, formulir pengisian data. seperti contoh dibawah ini.
  2. mengukur luas tanah
    formulir data pengukuran
  3. Cek dulu batas-batas tanahnya yang ditandai dengan patok dari bpn biasanya terletak dipojok-pojok dan berwarna putih terbuat dari beton. Sebelum anda menggunakan alat anda keliling dulu untuk mengetahui batas-batasnya sampai mana. jangan sampai ngukur tanah orang ya.
  4. Setelah anda keliling-keliling liat patok anda juga harus memikirkan mulai pengukurannya dari mana. Carilah tempat yang teduh apabila ada. Tapi kalo ternyata panas semua, maka siapkan payung untuk melindungi alat dari koagulasi. Titik awal anda adalah tempat alat. Dan nanti kita akan pindah alat sesuai dengan titik poligon yang akan kita lakukan.
  5. Tentukan titik-titik poligon di lapangan. Ingat. antar titik poligon harus saling terlihat atau tidak terhalang apa pun. pada contoh kasus di atas dibuat 5 titik alat. liat gambar paling atas. kemudian Tandai titik poligon dengan menggunakan kayu yang ditancap kemudian dikasi cat atau piloks. Yang terpenting patok tersebut tidak hilang.
  6. Dirikan theodolite pada titik 1 dan Lakukan setting alat dengan cepat. Sudah saya bahas pada artikel sebelumnya cara menyetel theodolite. Apabila belum tahu caranya silahkan baca terlebih dahulu.
  7. Setelah disetting, kemudian setel sudut horizontal 0D0'0" pada arah utara dan.ukur tinggi alat.
  8. Bidik titik poligon no. 7 baca benang tengah dan benang bawah. Tulis Sudut horizontal dan vertikal. Tulis keterangan misalkan: titik 7. setelah itu bidik titik no.2 yang ditulis sama dengan saat membidik titik sebelumnya.
  9. Bidik atau tembak titik penyebaran di sekitar alat. terutama batas-batas tanah dan patok BPN. kemudian tembak secara menyebar agar bisa dibuat kontur.
  10. Pindahkan alat ke titik no.2. setting alat dan setel sudut horizontal 0d0'0" pada titik sebelumnya yaitu titik 1. kemudian bidik titik no 1 dan bidik titik selanjutnya yaitu 3. 
  11. lakukan bidik titik-titik secara merata dan menyebar di sekitar alat. terutama batas-batas tanah. 
  12. Untuk titik-titik selanjutnya lakukan langkah seperti diatas yang pada intinya -arah 0d0'0" pda titik sebelumnya-bidik titik sebelumnya-bidik titik selanjutnya-bidik penyebaran disekitarnya.
  13. Jangan lupa apabila sudah sampai di titik poligon 5 maka prosedurnya tetap sama. tembak/bidik titik selanjutnya yaitu titik no. 1
Produk dari pengukuran tanah ini adalah gambar peta kontur dan potongan melintang dan memanjang. begitu lah kurang lebihnya cara mengukur luas dan kontur tanah di lapangan. Untuk selanjutnya adalah pengolahan data yang akan di bahas pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

6 Responses to "Cara mengukur luas tanah dengan theodolite"

  1. kapan bisa dilanjutkan materinya ataun pengolahan data ?? bgamna dengan patok 7 ??

    ReplyDelete
  2. Asalam mualaikum keahlian saya bisa sentring tanah pakai alat theodolite pernah ikut serta dalam borongan proyek pengukuran tanah hubungi saya 085862880525 yang membutuhkan Helper bisa hubungi saya

    ReplyDelete
  3. Assalamu,Alaikum mau bertanya pak.jika tanah kita yg mau di jual ke proyek,tanah di ukur oleh mereka dgn menggunakan theodolite,nah kita kan orang awam yg ngga paham dgn alat ini,apa yg harus kita pastikan ketika hasil ukur luas tanah nya keluar dan di informasikan ke kita,apakah hasil actual nya bisa di edit?
    jika berkenan,mohon bantu pencerahan nya,boleh WA ke 081254107893 atau email rohmanbuitenzorg@gmail.com
    Sebelumnya di ucapkan terimakasih

    ReplyDelete
  4. Couples therapy aims to strengthen the emotional bond between partners. The therapist helps couples identify and build upon the strengths in their relationship, fostering intimacy, trust, and support. Couples learn to reconnect and nurture their emotional connection. couples therapy near me

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel