Metode Pelaksanaan Pekerjaan AC-BC Levelling

Metode Pelaksanaan Pekerjaan AC-BC Levelling- Proyek jalan merupakan pekerjaan yang memiliki banyak item pekerjaan dengan volume yang sangat besar. Biasanya dalam satu paket pekerjaan jalan nasional memiliki panjang hingga 35 km sehingga volume material yang digunakan sangat lah banyak. Beberapa item pekerjaan yang mempunyai volume besar antara lain galian dan timbunan tanah, galian batu, agregat klas A, Agregat klas B, AC-BC, AC-BC Levelling, dan AC-WC. Item pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan mayor sehingga metode pelaksanaan harus benar-benar diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan pelaksanaan yang mengakibatkan kerugian pada kontraktor. 

Kebanyakan dari proyek jalan nasional saat ini adalah pemeliharaan dan rehabilitasi. Pekerjaan pemeliharaan biasa dilakukan pada jalan eksisting/jalan lama yang masih mempunyai struktur yang bagus tetapi lapisan aspal sudah berkurang ketebalannya sehingga kemiringan jalan pun sudah tidak 3% lagi. Untuk mengembalikan kemiringan jalan biasanya digunakan perkerasan aspal AC-BC Levelling. AC-BC Levelling ini sedikit berbeda dengan AC-BC walaupun mempunyai komposisi campuran yang sama. Namun dari segi pelaksanaan dan fungsinya sangat berbeda. 


Sebelum masuk di pembahasan metode pelaksanaan pekerjaan AC-BC Levelling, terlebih dahulu akan dibahas beberapa perbedaan AC-BC dengan AC-BC Levelling. Salah satu perbedaannya adalah AC-BC berada tepat di atas LPA (Lapis pondasi atas) sedangkan AC-BC Levelling berada di atas Aspal eksisting. AC-BC Levelling ini memang bisa dikatakan sama dengan pekerjaan overlay. Fungsi dari AC-BC Levelling adalah untuk memperbaiki kemiringan melintang jalan kembali ke 3%. Dari segi perhitungan volume opname lapangan juga berbeda antara AC-BC dengan AC-BC Levelling. AC-BC berdasarkan data ukur di lapangan dengan mengukur panjang lebar dan ketebalan. Sedangkan AC-BC Levelling menggunakan timbangan aspal tiap truck yang akan mengangkut hotmix. Dari timbangan akan di dapatkan berat truck dan berat hotmix. Bukti volume tersebut berupa tiket yang ditanda tangani oleh konsultan pengawas. Sehingga kalau ada 1000 rit pekerjaan AC-BC Levelling maka ada 1000 tiket atau Doket. 

Berikut metode pelaksanaan pekerjaan AC-BC Levelling pada proyek Jalan Nasional
  1. Penyiapan lokasi yang akan dikerjakan. Aspal lama dibersihkan terlebih dahulu dengan Compressor angin. 
  2. Penghamparan aspal cair tack coat pada aspal lama. Pekerjaan tack coat hanya untuk setengah badan jalan terlebih dahulu Karena jalur sebelahnya masih digunakan untuk lalu lintas kendaraan. Jangan lupa diberi rambu - rambu pekerjaan. 
  3. Membuat Marking dengan cat putih untuk area penghamparan.
  4. Persiapan Asphalt Mixing Plant untuk memproduksi hotmix. Yang perlu disiapkan adalah stock Material agregat hasil Stone Crusher, Aspal bitumen, Aspal cair untuk tack coat, dan beberapa Mesin yang ada di AMP. ( Pengertian Asphalt Mixing Plant).
  5. Setelah AMP siap, memulai pencampuran Material agregat dan memasukkan aspal drum ke dalam ketel. Material agregat dimasukkan kedalam cold bin sesuai fraksi. 
  6. Hotmix yang sudah jadi langsung dimasukkan ke dalam dump truck
  7. Dump Truck berisi hotmix harus ditimbang terlebih dahulu di jembatan timbangan. Berat hotmix dan data -data aspal hotmix ditulis pada selembar kertas atau tiket yang di tanda tangani oleh konsultan pengawas dan kontraktor. kansultan akan meminta salinan tiket tersebut. Nantinya tiket ini akan dijadikan bukti perhitungan tagihan pekerjaan AC-BC levelling. 
  8. Aspal hotmix AC-BC diangkut menuju lokasi penghamparan. 
  9. Hal yang Perlu diperhatikan adalah suhu saat penghamparan harus terjaga sesuai spesifikasi. Bisa baca Pada artikel Suhu Aspal saat Penghamparan
  10. Cek suhu aspal hotmix saat dihamparkan menggunakan termometer khusus. Jika Suhu sudah sesuai maka mulai dihamparkan. 
  11. Penghamparan dan perataan menggunakan Asphalt finisher. Hotmix dituang dari Dump truck. 
  12. Asphalt finisher berjalan sesuai marking yang telah dibuat. 
  13. Perataan hotmix menggunakan asphalt finisher dibantu oleh tenaga harian (leker) untuk meratakan secara manual dan mengambil Sisa hotmix untuk dimasukkan kembali ke paver. 
  14. Ukur ketebalan hamparan hotmix dan Cek kembali kemiringan melintang badan jalan (cross fall). Berdasarkan spesifikasi Umum Bina Marga, kemiringan sekitar 3%
  15. Setelah dihampar, pemadatan dengan Tandem Roller dan PTR (pneumatic Tire Roller). Metode pemadatan bisa baca di Cara Pemadatan Jalan
Metode pelaksanaan AC- BC Levelling memerlukan Manajemen lalu lintas yang baik karena pada jalan tersebut masih aktif dilalui pengendara. Diperlukan beberapa persiapan seperti rambu-rambu sementara pekerjaan dan flag man yang bertugas mengatur lalu lintas. 

Pengaspalan harus melibatkan konsultan pengawas dan wakil Owner di lapangan.  Tujuannya ada la h mengawasi dari segi metode dan mutu serta bertanda tangan di dalam Tiket/ Doket yang dibawa oleh Dump truck. 

 Demikian artikel tentang Metode pelaksan aan pekerjaan AC-BC Levelling. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Metode Pelaksanaan Pekerjaan AC-BC Levelling"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

youtube

Iklan Bawah Artikel